caption trialgame

Kenali Fungsi Expanded Polystyrene Pada Helm

Wednesday, 13 March 2019

     Tingkat keamanan sebuah helm sangat bergantung dengan sterofoam. Oleh sebab itu helm produk high end selalu menggunakan stereofoam khusus yang berkualitas. Fungsi sterofoam atau biasa disebut Expanded Poly Styrene (EPS) di helm ternyata sangat vital.  Fungsi utama styrofoam helm pada umumnya adalah menahan goncangan pada saat helm membentur benda keras pada saat kepala masih dalam keadaan bergerak atau bisa dikatakan sebagai bantalan kepala.

     Ketika terjadi tabrakan yang membenturkan bagian kepala dengan benda keras, lapisan keras luar (batok helm) dan lapisan dalam helm (sterofoam) meyebarkan tekanan keseluruh materi helm. Hal tersebut untuk mencegah adanya benturan yang dapat mematahkan tengkorak yang berakibat fatal.

     Tentunya jika helm memakai styrofoam yang tidak memenuhi standar, maka kepala pengguna helm akan cedera karena, benturan/ tekanan tidak diteruskan ke seluruh materi helm melainkan langsung ke tengkorak kepala.

     Benturan yang kuat memberi kemungkinan terhadap pecahnya helm (lapisan luar) dan membuat lapisan dalam rusak. Proses ini memberikan waktu ekstra, reduksi tekanan dan jarak kepada kepala/otak untuk lebih teredam.  Ketika lapisan dalam terkoyak, dapat memberikan hambatan yang cukup agar tidak langsung ke kepala/otak dengan berhenti secara lebih perlahan/lembut, dibanding proses benturan keras yang terjadi terhadap kepala/otak tanpa menggunakan helm.

     Nah ternyata sterofoam helm ada umur pemakaiannya juga lho. Jika digunakan secara terus menerus biasanya umur pemakaian helm hanya 2 atau 3 tahun saja lho. Cukup pendek juga ya ternyata. Kondisi suhu di Indonesia yang memiliki tingkat humidity yang tinggi ternyata berpengaruh terhadap kondisi sterofoam. Cuaca ekstrem mempengarahui kemampuan stereofoam untuk menahan benturan.

     Nah jika helm digunakan secara harian pasti penggunaannya mulai dari saat panas terik hingga basah kala menembus hujan lebat. Kondisi ini kemudian yang membuat bagian dalam helm menjadi kheilangan kekuatannya. 

     Nah maka dari itu, jika Anda menggunakan motor trail secara harian, amat sangat disarankan untuk memiliki dua buah helm yang kegunaannya untuk sehari-hari dan satunya untuk kegiatan offroad. Jadi fungsi perlindungan terhadap kepala juga tetap optimal.

comments

`