caption trialgame

Kenali Penyebab Berkurangnya Tenaga Motor!

Thursday, 12 January 2023

Kenali Penyebab Berkurangnya Tenaga Motor


Apapun jenis motor trail Anda, seiring usia pakainya akan mengalami pengurangan tenaga dan juga performa. Apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Namun berkurangnya tenaga motor trail  ternyata tak hanya bisa terjadi pada yang sudah berumur juga. Bahkan motor trali  dengan usia muda juga bisa saja terkena mendadak kehilangan tenaganya ketika sedang dikendarai. Apa sebenarnya yang menyebabkan masalah ini terjadi?

Penyebab utama motor trail kurang bertenaga adalah karena terjadinya penumpukan karbon di ruang bakar mesin. Hal ini disebabkan oleh proses pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya masalah ini dipicu oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dan berkualitas buruk. Ditambah lagi dengan tumpukan debu dan sisa-sisa oli yang memicu kerak yang kemudian mengendap dan menjadikan ruang bakar kotor. Penumpukan kerak kotoran ini yang menjadikan ruang bakar semakin sempit, sehingga rasio kompresinya meningkat. Jika sudah begini, mesin jadi kurang responsif dan kurang bertenaga.

Penyebab lain dari berkurangnya tenaga pada ring piston adalah terjadinya kerusakan pada ring piston. Biasanya kerusakan yang paling umum terjadi akibat ring piston yang aus. Gesekan yang terjadi terus menerus antara dinding silinder dan bagian luar ring piston akan menimbulkan friksi yang lama kelamaan akan memberikan dampak buruk jika dalam waktu lebih dari 5 tahun tidak ada perbaikan maupun penggantian oli pada bagian ini. Karenanya, untuk mengurangi friksi yang membesar, jangan pernah lupa untuk melakukan penggantian oli mesin ya.

Motor trail  yang berkurang tenaganya juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen packing atau gasket. Packing atau gasket kepala silinder berfungsi merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder yang sama-sama berbahan logam. Tanpa gasket, maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sambungan ini. Biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah komponen yang sobek akibat usia pemakaian. Karenanya, penting bagi Anda untuk memperhatikan masa pakai gasket atau packing. Periksa secara berkala dan segera ganti komponen yang baru jika terdapat kerusakan pada komponen ini.

comments

`