caption trialgame

Kenali Penyebab Kerasnya Tuas Kopling!

Thursday, 29 April 2021

Kenali Penyebab Kerasnya Tuas Kopling!


Hampir bisa dipastikan pengguna motor trail pasti pernah mengalami masalah tuas koplingyang keras, biaanya hal ini terjadi karena kurangnya perawatan. Hal yang paling sederhana seperti melumasi bagian dalam kabel kopling pun tidak pernah dilakukan.

Tuas kopling yang keras ini disebabkan karena ada sisa air dan kotoran yang masuk ke sela-sela kawat sling. Kotoran inilah yang mengganggu pergerakan kawat sling sehingga kadang membuat macet dan terasa keras saat ditarik.

Jika terus dibiarkan, akan membuat air yang masuk kedalamnya mengendap dan menimbulkan karat. Nah, karat inilah yang nantinya akan mengganggu kinerja kabel kopling sehingga menjadi keras dan berat saat dioperasikan.

Bila mengalami masalah seperti ini, langkah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pelumasan. Lakukan pada bagian dalam kabel kopling dengan menggunakan peneteran atau minyak rem. Sifat dari dua cairan ini bisa meluruhkan karat sekaligus melumasi kawat sling.

Setelah disemprot penetran seperti WD40, mainkan tuas koplingnya (tarik-lepas) hingga seret nya menghilang. Namun jika tidak hilang bisa jadi kabel kopling tersebut sudah rusak dan waktunya diganti dengan yang baru.

Oh iya  penyebab tuas kopling menjadi keras selanjutnya ialah dikarenakan adanya perubahan atau modifikasi di bagian sistem koplingnya. Motor yang telah disetting dengan setelan ala racing dan memiliki tenaga yang besar. Tentu cara mengganti per kopling yang lebih keras Anda perlu lakukan guna mengakomodasi tenaga besar yang dihasilkan.

Akibatnya, tuas jadi lebih berat dari sebelumnya. Ini sedikit rumit untuk mengatasinya, bisa juga perlu biaya lebih besar. Untuk membuat pergerakan kopling tidak berat setelah memakai per aftermarket, Anda bisa menggantinya memakai sistem hidrolik yang mahal harganya.

Cara yang lebih murah dengan mengganti tuas kopling di bagian bawah dengan ukuran yang lebih panjang. Sesuai dengan hukum fisika, semakin panjang pengungkit membuat kerjanya semakin ringan. Anda bisa menggunakan tuas dari merek lain asalkan dudukan pada geriginya sama.

Sistem tuas kopling hidrolik dikenal sebagai cara yang cukup mahal namun dengan hasil memuaskan. Bantuan tekanan hidrolik membuat tuas lebih ringan saat ditarik dan dilepas. Nah, sudah tahu kan sekarang masalah di seputar kopling motor tidak selalu hal yang mengerikan.

comments

`