caption trialgame

Kenali Warna Asap Motor Trail

Saturday, 27 July 2019

Asap yang keluar dari knalpot motor trail Anda bisa berbeda dengan motor trail lainnya. Hal ini karena kondisi mesin masing-masing motor trail yang tentunya juga berbeda. Biasanya warna asap knalpot menentukan ada beberapa kerusakan komponen mesin. Nah jika motor trail Anda mengeluarkan asap yang memiliki warna berbeda, jangan anggap enteng dan segera konsultasikan ke mekanik kepercayaan untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk pada motor trail.

Lantas, ada berapa warna sih yang biasanya terlihat dari knalpot motor trail? sabar, kita akan uraikan pada artikel ini ya. Jadi minimal Anda memiliki acuan mengenai kondisi mesin motor trail yang Anda gunakan.

Hitam

Asap knalpot hitam mengartikan mesin membakar bahan bakar terlalu banyak. Hal ini bisa terjadi karena setingan angin/co terlalu boros atau karena pengapian yang tidak maksimal. Hal pertama yang harus kita periksa adalah filter udara, cek setelan angin karburator/co untuk injeksi serta busi. Untuk motor injeksi cek komponen seperti sensor, injeksi bahan bakar dan fuel pressure regulator.Asap hitam biasanya mudah untuk diketahui dan diperbaiki, tapi borosnya bahan bakar pasti akan merugikan.

Putih Susu (putih pekat)

Asap putih pekat disebabkan oleh mesin yang membakar coolant. Ini bisa jadi hasil kerusakan serius pada packing head, silinder head, atau blok mesin.Jangan pernah mengabaikan masalah asap berwarna ini. Kebocoran kecil dalam coolant dapat menyebabkan overheating dan resiko kerusakan mesin karena jika terjadi over heat maka kepala busi dan permukaan piston bisa meleleh.Karena air radiator terbakar maka didalam ruang bakar akan dengan cepat timbul kerak yang bisa menyebabkan kompresi jadi tinggi dan piston cepat aus karena tumpukan kerak bisa menggesek blok dan piston.

Putih kebiruan

Munculnya asap putih kebiruan masih aman selama sifatnya masih tipis. Hal ini terjadi akibat hasil penumpukan sisa oli di dalam ruang bakar saat motor trail lama tidak digunakan. Asap semacam ini dapat menghilang dengan cepat,biasanya hanya keluar saat motor dinyalakan pada pagi hari. Tapi jika kondisi berlanjut dan asap tetap ada saat motor trail dibawa ke jalan itu menandakan bahwa mesin motor membakar oli mesin. Penyebabnya adalah seal klep atau piston/blok yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Jika melihat asap seperti ini, periksa oli mesin secara teratur dan perhatikan pemakaiannya. Kerusakan yang nantinya ditimbulkan bakal membutuhkan biaya banyak dan harus segera ditangani. Oli yang bocor juga dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi kasar hingga akhirnya dapat merusak komponen2 yang saling bergesekan seperti piston baret dan kampas kopling aus. Segera lakukan service besar agar kerusakan tidak merembet ke sparepart lain.

comments

`