caption trialgame

Kiat Atasi Pegal Pasca Trabasan!

Tuesday, 17 January 2023

Kiat Atasi Pegal Pasca Trabasan


Trabasan memang membutuhkan banyak energi dan konsentrasi, gak heran memang pasca trabasan seharian, banyak yang kemudian merasakan pegal-pegal pada seluruh badan. Maklum saja, mengendarai motor trail di medan offroad pasti bakal menguras tenaga. Badan pegal bisa terjadi akibat kelelahan atau efek yang muncul setelah berolahraga, namun juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit. Nah buat yang sering merasa pegal-pegal sehabis trabasan kami punya sedikit tips nih untuk menguranginya, jadi Anda bisa siap beraktivitas pada hari berikutnya.

Yang pertama adalah dengan cukup istirahat. Beristirahat dengan cukup bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki area yang terasa pegal dan menyembuhkannya. Tidur cukup juga disarankan karena bisa mengatur sistem kekebalan yang berguna untuk menyembuhkan dan mengurangi inflamasi.

Setelah itu jangan lupa untuk cukup minum air putih ya. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan pegal-pegal. Minum air putih tidak hanya akan mencukupi kebutuhan cairan harian, tetapi juga akan mempercepat waktu penyembuhan. Selain itu, cukup minum air putih juga akan melindungi dari kelelahan dan kelemahan otot, dan mencukupi nutrisi untuk mendukung otot yang sehat. Oh iya mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh dan pikiran semakin rileks. Selain itu, mandi dengan air hangat bisa melonggarkan otot-otot yang tegang, nyeri otot, dan badan pegal-pegal.

Jangan lupa untuk mengatur temperatur ruangan bisa membuat tubuh terjaga kehangatannya. Meskipun tidak secara langsung bisa menyembuhkan pegal-pegal di tubuh, menjaga temperatur ruangan bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi.

Jika pegal-pegal sudah tidak tertahankan Anda bisa mengkonsumsi obat nyeri. Obat jenis ini bisa menyembuhkan badan yang pegal-pegal dan yang dijual bebas biasanya adalah  aspirin, parasetamol, ibuprofen, dan naproxen. Namun ketika obat nyeri tersebut tidak memungkinkan untuk dikonsumsi karena kondisi kesehatan tertentu, berkonsultasi dengan dokter lebih disarankan untuk mendapatkan obat yang tepat.

Nah semoga hal-hal di atas mampu membantu Anda mengatasi pegal-pegal seusai trabasan ya. Jangan lupa untuk melakukan peregangan otot juga ya, sebelum dan sesudah trabasan.  Hal ini bisa melonggarkan otot dan melindungi dari cedera. Melakukan peregangan bisa melancarkan peredaran darah pada otot dan tendon yang kaku sehingga bisa mengatasi badan yang pegal-pegal.

comments

`