caption trialgame

Kok Komponen Motor Trail ini Cepat Rusak ya?

Saturday, 23 November 2019

Semua hal pasti akan menua, dan jika menyangkut motor trail, ada beberapa komponent yang lebih cepat menua dan memerlukan penggantian lebih dini dibandingkan komponen lainnya. Jam terbang, gaya berkendara serta perawatan, mempengaruhi terhadap daya tahan komponen.

Berkendara secara agresif di atas lintasan balap tentu akan memiliki dampak yang berbeda dengan berkendara santai di medan offroad. Nah melalui tulisan ini kami akan mencoba mengulas dan menjelaskan komponen apa yang biasanya paling sering memerlukan penggantian, sehingga Anda bisa menyiapkan cadangannya jika sewaktu-waktu diperlukan.

Yang pertama adalah kopling. Mengendarai motor trail, baik itu dilintasan balap atau offroad, biasanya akan membuat Anda sering menarik tuas kopling. Maklum saja motor trail biasanya digunakan pada gigi-gigi serta putaran mesin rendah. Tidak heran jika kemudian kopling yang kemudian menjadi komponent yang paling sering diganti. Biasanya yang paling sering diganti adalah plat koplingnya. Sementara bagian lain dari kopling memiliki umur yang lebih panjang.

Motor trail ditakdirkan untuk melumat beragam medan berat. Dengan bobot motor dan pengendara yang bisa mencapai 150 kilogram, tidak heran jika kemudian rantai menjadi bagian kedua yang sering diganti. Rantai mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda belakang. biasanya cara berkendara motor trail yang menghentak saat akan melibas sebuah handicap akan membuat rantai menjadi mudah kehilangan elastisitasnya. Sementara untuk gir roda, biasanya memiliki umur yang sedikit lebih panjang dibandingkan rantainya. Jadi Anda tidak perlu mengganti satu set, cukup rantainya saja.

Sistem pengeraman pada motor trail terdiri dari rotor, kampas, handle, kabel dan kaliper. Namun usia pakai yang paling pendek dari beragam komponen tadi adalah kampas dan rotor. Jadi jangan lupa untuk memperhatikan bagian-bagian ini ya.

Dalam sebuah motor trali terdapat beberapa buah klaher atau bearing, yang jika mengalami keruskan terkadang Anda tidak menyadarinya. Perawatan rutin seperti membersihkan dan melumasi klaher akan membuat usia pakainya menjadi lebih panjang. Salah satu klaher yang harus mendapatkan perhatian ada pada bagiah suspensi. Komponen ini dirancang untuk menahan gerakan konstan dari suspensi dan biasanya amat mudah terkena kotoran dan lumpur karena posisinya yang berada di bawah. Kunci untuk mendapatkan usia pakai yang lama adalah perawatan dan kebersihan pada klaher.

Nah jika motor trail Anda sering mengalami penggantian pada komponen-komponen di atas, jangan khawatir. Karena hal tersebut lumrah terjadi pada para pengendara motor trail lho.

Image credit : motocrossactionmag.com

comments

`