caption trialgame

Kotak P3K Jangan Dilupakan

Wednesday, 30 October 2019

Persiapan untuk melakukan trabas penting dilakukan oleh para penghobi motor trail. Persiapan tersebut meliputi fisik pengendara, kondisi motor trail serta kelengkapan berkendara. Untuk kelengkapan berkendara tentu peralatan seperti helm, sarung tangan, boots dan google adalah hal esensial. Tapi ada satu kelengkapan berkendara yang kadang dilupakan atau terlupakan karena dianggap tidak penting sampai saatnya perlu digunakan.

Yup. Kelengkapan itu adalah alat P3K atau alat bantu pertolongan pertama pada kecelakaan. Berpetualang di lintasan medan offroad tentu memiliki resiko, dan jatuh merupakan salah satu resiko yang paling sering terjadi. Kadang, ada kalanya Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan sehabis terjatuh dari motor trial.

Tapi ada pula kondisi dimana ternyata akibat dari jatuh tadi menimbulkan luka yang memerlukan perawatan sederhana sebelum Anda bisa melanjutkan perjalanan kembali atau memutuskan untuk menghentikan petualangan Anda sampai di sini. Anda tentu berharap untuk tidak perlu menggunakan perlengkapan P3K ini, tapi kami sarankan untuk selalu membawanya saat berpetualang di medan off road.

Peralatan P3K yang standar, biasanya dikemas dalam sebuah tas kecil yang bisa Anda masukan di bawah jok atau di dalam ransel Anda. Di dalamnya harus terdapat perban pengikat, kasa, dan cairan anti septic untuk mensterilkan luka atau memar. Namun peralatan ini hanya bisa menolong cidera ringan dan jika ada cedera yang tergolong berat maka diperlukan perlengkapan P3K yang lebih lengkap.

Kami tidak menyarankan Anda untuk membawa beragam perlengkapan medis lengkap saat berpetualang, namun Anda bisa meninggalkan kotak P3K yang lebih lengkap di basecamp Anda. Dengan demikian, jika diperlukan, perlengkapan tersebut terhitung masih mudah diambil atau yang menderita cedera bisa langsung dibawa ke basecamp tersebut.

Selain perban pengikat, kasa dan cairan steril, biasany kotak P3K yang lebih lengkap memiliki beragam peralatan penolong lainnya. Sebut saja beragam obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit, pilhan kasa serta perban yang lebih banyak dan diliengkapi dengan beragam perekat untuk mencegah luka menganga. Ada pula yang dilengkapi dengan salep antibiotik agar luka tidak menimbulkan infeks, serta gunting.

Jika ada sebuah kecelakaan yang cukup serius, kotak P3K rasanya akan memberikan manfaat yang amat berarti. Sambil menunggu tenaga medis datang, atau untuk pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat, kotak P3K adalah tujuan pertama Anda. Jadi jangan Anggap remeh perannya ya, dan mulai sekarang masukan ke dalam check list perlengkapan yang harus dibawa saat Anda melakukan trabas.

Image Credit : motosport.com

comments

`