caption trialgame

Kunci Hindari Cedera Saat Bermotor Trail

Thursday, 30 May 2019

Jika Anda gemar memacu motor trail di medan offroad, sudah pasti sangat familiar dengan yang namanya jatuh. Hampir setiap orang yang memiliki hobi trabas sudah pernah mengalami jatuh dari motor trail. Kejadian ini memang hampir tidak mungkin untuk dihindari namun yang bisa Anda hindari adalah cedera parah saat terjatuh.

Nah hal apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menghindari cedera parah saat terjatuh dari motor trail? simak penjelasaannya ya.

Pada beberapa sekolah motor trail di luar negeri, mereka bukan saja mengajarkan bagaimana cara mengendarai motor trail namun juga cara jatuh dari motor trail. Salah satu triknya adalah melakukan pemanasan. Sebelum mengendarai motor trail, lakukan beragam kegiatan pemanasan. Hal ini agar otot-otot Anda tidak kaku, dan lebih lentur serta relax. Jika kemudian terjadi kecelakaan, tubuh Anda bisa menyerap sedikit dampak benturan akibat pemasan yang dilakukan sebelumnya.

Peregangan adalah hal yang sangat vital yang harus dilakukan seorang pengendara motor trail, apalagi jika Anda turun dalam sebuah lomba. Pasalnya, dengan melakukan peregangan, maka tubuh tidak akan kaku. Sehingga ketika terjadi kecelakaan bisa menghindari kemungkinan terburuk.

Biasanya para pembalap profesional akan meregangkan seluruh tubuh sebelum naik ke motor. Jika tubuh Anda hangat ketika terjatuh dan terentang dengan baik, risiko cedera jauh lebih rendah. Lakukan fokus pemanasa pada bagian lengan karena bagian tubuh ini memiliki fungsi krusial saat mengendalikan motor.

Nah kunci terakhir untuk menghindari cedera parah saat terjatuh, tentu saja dengan menggunakan komponen pengaman yang sesuai dengan standar keselamatan. Kesadaran untuk menggunakan perangkat keselamatan memang sudah dilakukan oleh sebagian besar penghobi motor trail. Hanya saja masih banyak juga yang asal menggunakan perangkat tersebut. Hingga akhirnya perangkat tersebut tidak lain hanya sebagai asesoris atau hiasan saja. Helm, sarung tangan, sepatu boots adalah perangkat keselamatan paling minim yang harus Anda gunakan. Lebih baik jika dilengkapi dengan kneecap, chest protector, neck brace dan lainnya.

comments

`