caption trialgame

Kupas Habis Viar Cross X 250 ES

Wednesday, 27 May 2020

Kupas Habis Viar Cross X 250 ES


Selain motor-motor pabrikan Jepang dan Eropa, motor trail produksi China dan Indonesia terhitung cukup digemari di tanah air. Salah satu produsen lokal yang namanya boleh dibilang berkibar kencang di segmen motor trail adalah Viar. Brand ini terhitung loyal pada motor trail, mereka memproduksi motor trail mulai dari mesin terkecil 70cc hingga 250cc.

Nah salah satu tipe motor trail produksi Viar yang paling populer adalah Cross X250 ES. Maklum saja dengan harga jual pada kisaran 30 juta, motor trila ini menjadi amat sangat terjangkau bagi mereka yang ingin merasakan sensasi motor trail dengan dukungan mesin 250cc.

Nah melalui artikel ini kita coba ulas apa sih yang bikin tipe ini populer. Layaknya motor trail pada umumnya, bodi yang membalut Cross X250 ES begitu ringkas. Terbuat dari bahan plastik ABS yang tidak mudah pecah. Bentuk lampu utamanya terlihat simpel dengan mengandalkan lampu bohlam. Joknya kecil, namun tetap memberikan kenyamanan saat melibas jalur offroad.

Motor ini memiliki ukuran panjang 2.120 mm, lebar 810 mm, dan tinggi mencapai 1.250 mm. Sementara panjang wheel base, tercatat 1. 440 mm dan jarak terendah ke tanah 320 mm. Anda tidak perlu takut bagian bawah mesin terantuk ketika melintasi medan terjal.

Cross X 250 ES menggunakan frame tipe twin spar, menyodorkan ergonomi kemudi yang ringan, mudah dan nyaman. Bobot tubuh totalnya 126 kg. Bagian kakinya disokong ban jenis trail berukuran 90/100 dengan pelek berukuran 21 inci di depan dan 110/80 dengan roda 18 inci di belakang. Kedua komponennya terbuat dari material alumunium, terasa ringan dan kokoh.

Beralih ke bagian mesin. Performa dapur pacu Cross X 250 ini dibekali mesin 249,6 cc, silinder tunggal, SOHC, 4 klep. Ia mampu menghasilkan daya mencapai 24,4 hp pada putaran 9.000 rpm dan torsi 23 Nm di kitiran 7.000 rpm. Tenaganya itu didistribusikan melalui transmisi manual 6 percepatan. Sementara untuk sistem penyuplai bahan bakar masih menggunakan karbutator dipadukan dengan otak pemrosesan CDI. Hal ini memudahkan pengguna dalam hal perawatan dan modifikasi agar menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Untuk sistem pengereman telah dilengkapi cakram berdimater 240 mm yang dijepit dua kaliper piston. Begitu juga dengan belakang juga telah menggunakan cakram berukuran 240 mm dengan single piston.. Cross X 250 ES dilengkapi dengan suspensi upside down (USD) pada bagian depan. Diameternya cukup besar dan mampu memberikan daya redam yang baik. Buat kaki belakangnya disokong monosok dengan unitrack system.

Kapasitas tangki bahan bakarnya mampu menampung BBM hingga 6,7 liter. Pengguna tidak perlu khawatir saat dibawa jalan jauh. Cross X 250 juga telah dibekali dengan liquid cooled atau pendingin cairan. Bisa menjaga suhu mesin tetap stabil serta mencegah terjadinya overheat atau panas yang berlebihan. Tidak heran jika motor jenis ini cukup laris, fitur yang ditawarkan cukup menggiurkan dengan harga motor trail entry level.

comments

`