caption trialgame

Kupas Tuntas Motor Adventure Bermesin Besar

Wednesday, 6 July 2022

Kupas Tuntas Motor Adventure Bermesin Besar


Motor touring adventure semakin menanjak popularitasnya akhir-akhir ini  Pasalnya sepeda motor touring menjadi salah satu pilihan sebagai kuda besi untuk berkendara jarak jauh. Tidak menunduk seperti motor sport, atau dengan jok kecil seperti motorcross.

Motor jenis ini dilengkapi posisi duduk yang lebih tegak dan nyaman, ukurang tangki lebih besar, dan ban tapak lebar untuk mencapai tujuan .Karena bentuk yang menyerupai motor sport dan motor trail, motor  ini dianggap lebih berguna untuk menangani berbagai macam jenis rintangan, jenis permukaan lintasan serta kondisi cuaca.

Ada banyak jenis motor touring adventure yang beredar saat ini namun yang memiliki kubikasi mesin besar ada tiga yang mencuri perhatian yaitu Triumph Tiger 1200, Yamaha XT1200Z, dan KTM1290R. melalui artikel ini kami akan mencoba membandingkan ketiganya agar Anda tidak penasaran.

Dari sisi mesin, Triumph dipersenjatai dengan mesin  1,160cc, 4 langkah (tak), yang memiliki dua piston silinder. Sementara katup penyalur bensin alias ‘klep’ ada 4. Mengincar tenaga yang spontan setiap saat, dua piston yang ada di motor ini bergerak secara satu arah (inline).Dilengkapi tipe camshaft DOHC, tenaga kuda yang dihasilkan pada Triumph Tiger 1200 mencapai angka 135 HP (Ps) pada 9.300 rpm. Sementara torsi yang dihasilkan mencapai 121,00Nm pada 6.400 rpm.

Sementara untuk Yamaha XT1200Z, mesin yang ada kurang lebih sama, dengan besar ruang pembakaran 1,199cc 2 silinder. Yang membedakan adalah katup noken as yang lebih banyak dari Triumph, yakni berjumlah 8. Tenaga yang dihasilkan mencapai 108,5 ps pada 7.500 rpm dilengkapi 114,1 Nm torsi. KTM memiliki motor yang berbeda sendiri, dari jumlah bensin di ruang pembakaran saja mencapai angka 1301cc. Jumlah silinder sama di angka 2, dengan sistem pembakaran 4 langkah tentunya. Sementara tenaga yang dihasilkan mencapai 160ps, dengan torsi 138Nm.

Bila membandingkan konsumsi bensin, yang paling irit adalah KTM dengan konsumsi bensin yang diklaim hanya 5,7 liter per 100km. Sementara Triumph mengkonsumsi bensin sampai 6 liter per 100km, disamai Yamaha dengan klaim 6,00 liter per 100km.

Kita lanjutkan dengan bagian chasis motor.  Baja yang kokoh dan juga fork berukuran 46, yang bisa disetting, disediakan pada Triumph Tiger 1200 untuk menerjang berbagai kondisi petualangan yang ada. Untuk Yamaha XT1200Z, terdapat chassis caster ukuran 28,00 dengan bahan baterai besi. Swing arm kokoh yang pastinya double, bukan single seperti beberapa motorsport saat ini yang memang memiliki peruntukan berbeda. Sementara KTM 1290 memiliki chasis dengan bingkai ruang berbentuk tabung, yang dilapisi cat oranye khas pabrikan Austria tersebut. Berbahan baja tahan karat krom-molibdenum, chasis motor adventure ini tetap dipastikan ringan dan lincah saat diajak melakukan beragam manuver.

Lantas bagaimana dengan fitur tambahannya? Masing-masing memiliki fitur tersendiri.  Triumph Tiger 1200 memiliki cruise control, dengan assist shifter, handguard, pemanas pegangan tangan, dan pemanas tempat duduk. Sementara Yamaha XT1200Z memiliki Desain sistem bagasi fleksibel opsional memiliki tiga kemungkinan pengaturan: standar tanpa casing atas atau tas samping, casing atas terpasang, atau casing samping terpasang. Termasuk dalam desain sepeda, aksesori ini menyempurnakan tampilan Super Ténéré ES. Untuk KTM, terdapat layar versi terbaru TFT 7 Inch anti gores. Berbagai informasi untuk melakukan perjalanan hingga penyesuaian pada suspensi juga bisa dilakukan lewat layar ini. Terdapat konektivitas MY RIDE, yang bisa terhubung melalui Bluetooth dengan smartphone.

comments

`