caption trialgame

Lagi, Motor Trail Special Engine Sapa Pasar Indonesia! Siapakah Dia?

Wednesday, 9 June 2021

Lagi, Motor Trail Special Engine Sapa Pasar Indonesia! Siapakah Dia?


Pasar motor trail special engine di Indonesia memang terbilang cukup besar. Kendati belum semarak penjualan motor trail dual sport namun motor trail jenis ini mampu mencuri perhatian para penggemar garuk tanah.

Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah tidak adanya STNK bagi motor jenis ini. Dan karena tidak bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari maka penjualan motor jenis ini masih di bawah motor trail dual sport. Nah belum lama ini, Kawasaki meluncurkan motor trail KLX140R F MY2022 hadir di Indonesia. Ia merupakan produk global. Spesifikasinya sama dengan yang ada di Amerika Serikat. Tapi dari segi produksi, Kawasaki Heavy Industries Japan.Ltd menunjuk Thailand untuk jadi basis produksinya.

Secara tampilan, dia mengacu pada motocross tulen. Tanpa dilengkapi alat kelengkapan lalu lintas. Tidak ada lampu sein, kaca spion maupun dudukan pelat nomor. Depan kemudi tidak ada headlamp, cuma ditutup cover tipis layaknya Kawasaki KX series. Bagian dashboard ataupun setang bisa dibilang trondol bahkan tidak disediakan speedometer.

Motor garuk tanah ini pakai warna khas hijau, strip hitam, dan jok dual-tone hitam-hijau serta dilengkapi tulisan 'Kawasaki'. Didesain untuk medan off-road, tak salah bila penampilannya cukup sangar. Cocok digunakan untuk para penghobi jalur ekstrem. Tanpa kunci kontak dan sudah pakai elektrik starter sehingga mudah untuk dinyalakan. Selain itu, motor ini juga dirancang dengan rangka yang kuat.

Unit ini memiliki dimensi panjang 2.005 mm, lebar 790 mm dan tinggi 1.135 mm. Ia punya bobot lebih ringan 20 kg dari KLX150. Beratnya cuma 99 kg. Faktor itu didukung dari pelek dan swing arm yang dibuat dari bahan alumunium. Menariknya, komponen itu bisa digunakan pada KLX series lain. Disokong pula oleh tangki bahan bakar berkapasitas 5,8 liter.

Karakter motor offroad makin kuat dengan road clearance 315 mm, memudahkan pengendara ketika menghadapi medan berat. Ia juga telah dilengkapi dengan back step dan juga didukung dengan rem petal disc berdiameter 220 mm di bagian depan dan 190 mm di belakang. Peranti itu disediakan demi menunjang keamanan pengendara kala melakukan off road.

Nah untuk bagian mesin, motor ini memiliki basis mesinnya mirip dengan KLX150 yakni mesin 144 cc, SOHC, 2-valve, berpendingin udara dengan sistem pengapian DC-CDI. Ukuran diameter x langkahnya 58 mm x 54,4 mm dengan perbandingan kompresi 9.5:1. Ia bisa menghasilkan power maksimum 8,3 kW (11 Hp) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 12 Nm di putaran 6.000 rpm. Untuk tipe ini dirinya tidak lagi menggunakan karburator Mikuni melainkan Keihin PB20. Tenaganya itu disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 5 percepatan.

Untuk suspensi masih seperti pendahulunya, menggunakan teleskopik berdiameter 33 mm di depan dengan rubber boot cover. Belakang disematkan Uni Trak, single shock with piggyback reservoir, bisa disetting preload, compression dan reboundnya. Sedang rodanya lebih dewasa dari KLX150, yakni pakai 21 inci dengan ban 80/100 di depan dan 18 inci gunakan kulit bundar 100/100 di belakang. 

Lalu bagaimana dengan harga jual? Jika dibandingkan dengan motor special engine sejenis dari pabrikan lain seperti Yamaha, KTM, Husqvarna, dan Beta, maka harga motor special engine dari Kawasaki terhitung murah. Dengan bandro tidak sampai 40 juta, motor ini bisa dibawa pulang. Sementara pabrikan lainnya mematok harga di atas 60 juta untuk motor trail special engine.

comments

`