caption trialgame

Lama Tersimpan Bikin Kunci Kontak Susah Mutar!

Tuesday, 9 May 2023


Lama Tersimpan Bikin Kunci Kontak Susah Mutar


Akhirnya libur lebaran usai juga, kini saatnya kembali beraktivitas seperti sedia kala. Untuk menunjang aktivitas sehari-hari tentu saja mengendarai motor trail kesayangan Anda sudah menjadi hal yang pasti. Tapi tidak sedikit lho yang mengalami masalah saat motor trail ditinggal lama dari liburan. Salah satunya adalah sulitnya memutar kunci kontak. Jika hal ini terjadi, hal pertama yang Anda lakukan pasti panik. Tapi jangan khawtir kami bakal berikan solusinya di artikel ini ya.

Kunci kontak motor yang macet dan sulit diputar adalah masalah umum yang biasa terjadi pada motor yang lama disimpan. Tapi masalah ini juga sering terjadi pada motor-motor trail yang sudah berumur sih. Penyebabnya biasanya adanya kotoran seperti, debu atau endapan air yang masuk. Nah jika motor trail Anda juga sering diajak keluar masuk medan offroad basah, pasti pernah mengalami masalah ini. Lantas solusinya gimana dong?

Solusinya juga mudah kok, gak perlu panggil tukang kunci atau montir andalan untuk mengatasi masalah ini. Anda hanya perlu cairan penetran misalnya WD-40. Semprotkan cairan penetran ke lubang kunci yang macet sampai meluber. Lap sisa cairan yang tumpah keluar dan diamkan sejenak agar cairan meresap ke bagian dalam lubang kunci.

Masukan kunci dan coba putar dengan perlahan, untuk mengetahui apakah rumah kunci sudah berfungsi dengan normal. Jika dirasa masih belum lancar, boleh ulangi langkah ini sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Oh iya, jika Anda tidak memiliki cairan penetran, kami sarankan untuk membelinya terlebih dahulu ya. Jangan gunakan cairan lain seperti oli bekas atau minyak sayur untuk melumasi lubang kunci. Dua cairan tadi mungkin bisa melumasi lubang kunci tapi sifatnya yang tidak menguap dan lengket, justru akan membuat debu mudah menempel.  Dan ini akan menimbulkan masalah baru di masa mendatang.

Selain pada kunci kontak, masalah ini juga umumnya dapat ditemui pada lubang kunci lain pada motor. Seperti tutup tangki pada motor jenis sport, serta lubang kunci jok yang masih model terpisah dari kunci kontak. Sebagai tambahan, Anda juga dapat melumasi mekanisme buka tutup jok bagian dalam karena bagian ini juga dapat mengalami macet jika kotoran melekat.

 

 

comments

`