caption trialgame

Lebih Dalam Tentang Ergonomi Motor

Tuesday, 17 October 2023

Lebih Dalam Tentang Ergonomi Motor


Anda pasti pernah mendengar kata ergonomi, atau melihatnya dalam sebuah artikel mengenai pembahasan suatu sepeda motor.  Namun, Apa sih pengertian sebenarnya tentang Ergonomi di Sepeda Motor? Apa hubungannya dengan faktor kenyamanan ? Apa saja resiko saat mengabaikan hal yang satu ini ? Biar lebih lengkap, kita coba ulas yuk di artikel ini.

Ergonomi, adalah Ilmu merancang sepeda motor yang sesuai dengan tubuh manusia.  Pada era modern seperti sekarang ini, Ergonomi adalah salah satu faktor terpenting dalam development motor yang ditujukan untuk “daily purpose” alias untuk sehari-hari.  Pertimbangan Ergonomis itu sendiri, dimulai saat Anda mulai menaiki motor, hingga ke 3 titik yang dikenal sebagai segitiga ergonomi,  yakni handlebar (setang), seat (jok), dan tumpuan kaki (footstep). Yang pada gilirannya memberikan kontribusi untuk fleksibilitas dalam mengendarai sepeda motor.  Semakin cocok suatu motor untuk gaya riding Anda maka akan semakin nyaman berada diatasnya.

Sedangkan kenyamanan, adalah faktor yang berbanding lurus dengan ergonomi.  Jika sudah merasa nyaman bersama tunggangan yang kita kendarai, Maka Anda bisa eksplor lebih jauh tentang motor tersebut, baik itu ability handling di tikungan, menjajal reaksi saat melahap tikungan S cepat, atau mengetes kestabilan saat menggeber sampai limit RPM tertinggi. Dan apabila faktor kenyamanan ini diabaikan, resikonya jelas ada yakni keram/kesemutan di area tangan, hingga rasa sakit di bagian leher & pinggang, yang nantinya bakal membahayakan Anda.

Ergonomi biasanya memiliki timbal-balik yang berseberangan dengan desain motor itu sendiri. Semakin baik ergonominya, biasanya tampang atau styling motor tersebut pun jadi tampak tak menarik. Hal ini bisa langsung Anda saksikan sendiri di motor yang bertampang Racing-Bike, alias memiliki Ergonomi yang sangat tidak nyaman untuk penggunaan sehari-hari dan hanya cocok digunakan untuk track-day… Lalu bandingkan dengan motor yang didesain mengutamakan kenyamanan ? Pasti yang mengutamakan ergonomic bakal lebih “tak sedap” dipandang  kan ?

Jad apakah kita harus mengutamakan Ergonomi dalam memilih suatu sepeda motor?  Belum tentu juga sih, yang jelas satu hal yang bisa di garis bawahi, ergonomi yang nyaman juga bisa didapat dengan “terbiasa” bersama motor kesayangan. Memang ada beberapa motor yang memerlukan penyesuaian untuk mengendarainya, dan salah satu dari motor tersebut adalah motor trail. Anda memerlukan beberapa waktu untuk beradaptasi dengan cara mengendarai motor trail yang berbeda dari motor biasanya.

Nah, Bakal berbeda cerita kalau Ergonominya memang tak nyaman, hingga menyusahkan penggunannya  sendiri seperti keram/kesemutan di tangan, hingga sakit pinggang.  Kalau demikian sih mungkin ini saatnya mengganti motor ya.

 

comments

`