caption trialgame

Libas Tikungan Ala Gary Semics

Friday, 8 March 2019

     Mampu mengendarai motor trail dengan handal tentu membutuhkan jam terbang yang tinggi. Pengalaman tentu menjadi guru yang amat berharga. Nah salah satu legenda motocross, Gary Semics adalah salah satu yang paling sering memberikan beragam tips.

     Maklum saja nama besar legenda satu ini memang sudah membahana sehingga tips yang diberikannya terhitung ampuh dan mudah digunakan. Salah satu kunci dalam berhasil memenangka sebuah perlombaan adalah tikungan. Lihai melibas tikungan menjadi salah satu topik yang paling sering dibahas oleh Gary baik itu dalam website pribadi, sekolah balap maupun video tutorial di yotube. Nah kami akan mencoba merangkum tips melibas tikungan layaknya Gary Samic. Simak ulasannya ya.

     Bagian terpenting saat melahap tikungan adalah transisi. Apa itu transisi? transisi adalah kondisi saat melaju dengan kencang, ke arah tikungan, kemudian Anda mengontrol motor trail dengan cara mengurangi kecepatan dengan rem dan mengendalikan kopling bersamaan dengan perpindahan gigi transmisi.  

     Simpelnya Anda mengerem untuk mengurangi kecepatan kemudian spontan Anda melaju dengan cepat. Itulah bagian paling penting dalam tikungan.  Saat anda lemah dalam transisi, maka saat itu Anda disalip oleh lawan ketika melakukan tikungan. Anda perlu melatih kecepatan tangan dan kaki  dalam melakukan transisi dari perpindahan gigi saat menarik tuas kopling dan menentukan timing untuk menambah kecepatan.

     Saat melewati tikungan, jika Anda tidak melakukan pengereman namun hanya mengurangi speed RPM saja, dijamin Anda pasti kehilangan control saat anda melakukan tikungan.untuk itulah anda harus banyak berlatih.

     Misalnya saat Anda akan melewati tikungan  dengan kecepatan cukup tinggi, saat itu Anda tidak mengerem atau telat momentum untuk mengerem sehingga akan spontan menarik pedal rem depan dengan keras, akibatnya roda depan akan menusuk Tanah.  Atau Anda menginjak rem belakang terlalu keras maka pasti roda ban belakang akan selip dan kemudian kehilangan kendali dan  jatuh.

     Inti yang paling penting dari tips yang Gery Semics berikan ini adalah Anda harus bisa mengendalikan momentum, kapan  harus mengurangi kecepatan dengan rem saat melakukan tikungan kemudian kapan harus mengurangi gigi transmisi untuk melakukan kecepatan yang spontan saat motor sedikit melambat dikarenakan tikungan.  Kontroling motor anda dan  penguasaan motor trail adalah kunci.

     Jadi anda harus benar benar berlatih merasakan semua itu untuk bisa mengontrol momentum saat melakukan tikungan. Jangan lupa untuk terus memprakterkannya agar cepat menguasai, terbiasa dan reflex bisa terlatih dengan cepat saat mengendalikan motor ketika melahap tikungan.

comments

`