caption trialgame

Manfaat Hebat Komponen Kecil Pada Ujung Stang Motor Trail

Monday, 22 May 2023

Manfaat Hebat Komponen Kecil Pada Ujung Stang Motor Trail


Pasti tidak sedikit dari para pengguna motor trail yang mengetahui ada sebuah komponen kecil yang berada di ujung kiri dan kanan stang motor trail Anda. Komponen ini memiliki nama Bar-End, namun di Indonesia biasanya disebut dengan nama Jalu Stang.

Meski bentuknya kecil, tetapi jalu stang memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menyeimbangkan motor. Selain itu, jalu stang juga berfungsi untuk mengurangi getaran yang muncul pada kemudi sepeda motor. Jadi, ketika  jalu stang dilepas, akan terasa getaran pada sepeda motor menjadi lebih kencang.

Keberadaan jalu stang  pada motor adalah untuk meredam getaran pada sepeda motor. Tapi, apa yang bakal terjadi apabila sepeda motor bergetar dan tidak diredam? Dalam kondisi seperti itu, aliran darah ke tangan dan jari pengemudi menjadi tidak menentu. Hal ini akan membuat jari-jari menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menurunkan daya cengkeram. Oleh karena itu, apabila mengendarai motor yang bergetar tanpa diredam dalam jangka waktu yang lama, maka jelas Anda akan merasa  tidak nyaman saat berkendara.

Dalam konteks ini, jalu stang motor akan mampu meredam getaran sepeda motor menjadi salah satu solusinya sehingga Anda dapat tetap nyaman saat berkendara. Jalu stang mampu memberikan efek redaman dengan cara menurunkan frekuensi resonansi.  Hal ini membuat Anda mendapatkan pegangan yang lebih mantap dengan kondisi stabil ketika sedang mengemudi.

Saat berkendara dengan kecepatan tinggi, pegangan Anda pada motor akan sangat sulit. Hal ini karena adanya hambatan udara dan drag di bagian depan yang membuat goyang. Jalu stang, dalam hal ini, dapat memberikan efek yang lebih stabil pada pegangan untuk melawan efek tersebut. Oleh karena itu, dengan bantuan jalu stang, Anda tidak perlu mendorong pegangan stang motor dengan keras untuk dapat mengendarainya dengan stabil.

Sebagai pengguna motor trail, apalagi jika kerap trabsan, jatuh dari motor adalah hal yang lumrah. Umumnya, apabila pengendara yang jatuh dari motor, maka ia akan jatuh ke samping. Oleh karena itu, jalu stang yang berada di samping juga berfungsi secara tidak langsung sebagai media bantalan untuk menyerap dampak jatuh tersebut.  Apalagi, jalu stang sepeda motor yang terbuat dari karet juga memiliki efek yang baik terhadap getaran dan benturan. Hal ini memastikan bahwa pegangan tidak tertekuk dan bergeser ketika jatuh. Nah jadi tahu kan manfaat hebat, komponen kecil pada ujung stang motor trai Anda.

 

comments

`