caption trialgame

manfaat pakai BBM RON Tinggi!

Wednesday, 27 July 2022

manfaat pakai BBM RON Tinggi!


Pemerintah belum lama ini menaikan kembali harga bahan bakar ber oktan tinggi seperti, Pertamax, Pertamax Plus, hingga Pertamax Turbo. Hal ini juga berimbas pada penyedia layanan bahan bakar lainnya karena mereka tetap membeli bahan mentahanya dari Pertamina. Bukan hanya itu, Pemerintah juga berencana untuk menghapuskan bahan bakar Pertalite yang merupakan bahan bakar termurah saat ini namun memiliki jumlan RON (research Octane Number) terendah yaitu 90.

Penggunaan BBM RON (research otctane number) rendah yang tak ramah lingkungan secara perlahan akan dikurangi demi keberlangsungan lingkungan hidup yang lebih baik. Penggunaan BBM RON rendah,  dinilai sudah tidak cocok lagi mengingat saat ini teknologi berbagai kendaraan baik motor maupun mobil sudah menggunakan teknologi terbaru yang mengharuskan konsumsi BBM oktan tinggi.

Bila kendaraan beralih ke BBM jenis oktan tinggi ini, secara otomatis komponen kendaraan akan berumur panjang. Kemudian, dari sisi tenaga atau power kendaraan lebih terjaga. Manfaat lain, jarak tempuh jadi kian jauh karena pembakaran mesin kendaraan lebih sempurna.

BBM RON rendah juga lebih boros dan berdampak negatif pada mesin.  Apalagi mayoritas negara di dunia sudah tidak ada yang menjual BBM Ron 88 seperti premium. Agar konsumsi BBM RON tinggi seperti bisa lebih tinggi, pemerintah disarankan mendorong masyarakat untuk beralih ke Pertamax series. Selain itu, menyediakan bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih murah. Misalnya RON 92 seharga RON 88 atau RON 90.  Pemerintah, bisa membuat standar bahan bakar yang lebih baik dan segera menerapkannya, misalnya Euro IV, demikian juga membuat kebijakan fuel economy untuk kendaraan bermotor yang progresif.

Selain berdampak negatif bagi mesin kendaraan bermotor, BBM RON rendah juga berakibat buruk terhadap lingkungan hidup dan kesehatan. Karena pembakaran tidak sempurna, maka BBM RON rendah akan menghasilkan emisi sangat tinggi. Selain itu, juga akan menghasilkan karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang juga tinggi. 

 

comments

`