caption trialgame

Mantab, Ini Rumus Pilih Ban Pacul Ideal!

Wednesday, 24 February 2021

Mantab, Ini Rumus Pilih Ban Pacul Ideal!


Ban 'pacul' sangat melekat pada motor 'garuk tanah' atau trail untuk melakukan kegiatan trabasan di alam bebas. Pemilihan ban untuk motor trail tidak bisa sembarangan, sebab penggunaan ban yang tidak tepat akan memengaruhi kenyamanan, serta kemampuan offroad.

Lalu bagaimana sih kriteria pemilihan ban yang baik untuk aktivatas motor trail di alam liar? Salah satu caranya adalah dengan melihat penempatan blok atau kembang ban dari tengah hingga bahu ban itu sendiri.  Ban trail sendiri tersedia tiga tipe, yaitu hard, intermediate, dan soft. Bagi konsumen yang tidak ingin ambil 'pusing' bisa memilih tipe intermediate yang telah disesuaikan di segala kontur jalan, mulai dari jalan berbatu, lumpur dan basah. Ban intermediate diyakini juga bisa mengurangi  slide slip saat menikung.

Untuk Anda yang sedang hunting ban baru untuk motor trail, sebaiknya mencari ban yang memiliki daya cengkeram yang baik agar tidak mengurangi kemampuan bermanuver, akselerasi dan pengereman. Untuk itu lengkapi pelek dengan ban yang memiliki blok tepat untuk medan offroad.  Ban seperti itu juga berfungsi sebagai daya tahan terhadap kehausan ban.

Diameter ban pacul yang tersedia di pasaran untuk motor adventure ada empat macam. Tersedia ukuran ring 16 inci, 18 inci, 19 inci dan 21 inci. Untuk ukuran lain masih sulit dicari, karena umumnya pengguna motor adventure menggunakan ukuran pelek seperti yang disebutkan tadi.

Selain diameter ban, ukuran ban yang dijual dipasaran juga sangat beragam. Mulai ban ukuran 80/100, 90/100, 100/100 hingga ukuran 110/100. Dan semua tersedia untuk seluruh ukuran diameter pelek yang dijual dipasaran dan akan dipakai oleh konsumen. Jika Anda menggunakan kombinasi pelek diameter 21 inci depan dan 18 inci belakang, maka pilihan ban bisa pakai 80/100-21 (depan) dan 90/100-18 (belakang).

Ukuran ini dianggap para pemain adventure menjadi salah satu ukuran ban paling ideal untuk jenis motor bertenaga sedang. Menggunakan ban bertapak lebar di medan adventure yang berlumpur, akan menyiksa kinerja mesin. Kalau motornya bertenaga besar seperti motor Special Eengine (SE), bisa menaikan ke ukuran yang sedikit lebih besar.

Memilih ban yang memiliki desain telapak serta alur yang  diperhitungkan dengan cermat dengan penempatan jumlah blok dari tengah hingga bahu ban, bertujuan memaksimalkan kemampuan ban pada berbagai jenis permukaan lintasan sekaligus mempertahankan kecepatan saat bermanuver plus mengurangi gejala slide-slip jadi jangan asal pilih ya. .

 

comments

`