caption trialgame

mau adventure ke hutan, minimal pakai apaan?

Tuesday, 20 September 2022

Safety First Berkendara Motor Trail


Mengendarai motor trail memeiliki resiko yang lebih besar, entah itu di lintasan offroad atau sekedar berkendara di atas aspal.  Oleh sebab itu, diperlukan keahlian khusus yang harus dimiliki oleh setiap pengguna motor trail agar selalu selamat dalam berkendara.

Hilang kendali ketika sedang berkendara sepeda motor adalah hal yang sangat berbahaya. Karena selain dapat membahayakan diri sendiri, hal ini juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Hilang kendali itu biasanya disebabkan oleh pengendara yang hilang keseimbangan atau kegagalan dalam menyeimbangkan posisi tubuhnya dengan motor. Kemungkinan yang menjadi penyebab hilang kendalinya sebuah motor adalah karena motor melaju dengan kecepatan yang terlalu tinggi, tidak mengetahui kondisi jalan dengan jelas, dan hilangnya konsentrasi ketika berkendara.

Lantas apa saja sih yang bisa dilakukan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara dengan motor trail, apalagi jika Anda mengendarainya untuk kegiatan harian ya. Yang pertama tentu saja adalah menjaga kecepatan. Dengan berkendara menggunakan kecepatan tinggi tentu akan membuat Anda  sulit dalam menjaga keseimbangan. Sehingga resiko kehilangan hilang kendali pada motor pun sangat besar. Rambu lalu lintas dipasang di setiap sisi jalan bertujuan untuk menjaga keselamatan, bukan tanpa alasan. Jadilah pengendara yang taat aturan & cerdas dalam berkendara ya.

Oh iya, pastikan juga Anda selalu memantau kondisi motor trail Anda. Masih banyak orang yang yang meremehkan hal ini, padahal dengan memeriksa motor trail sebelum bepergian dapat mengurangi resiko kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. Bagaimanapun kondisi motor yang baik akan lebih mudah untuk dikendalikan.

Dan yang terakhir tentu saja kondisi fisik Anda yang fit dan prima saat berkendara. Kondisi badan yang tidak fit dapat menyebabkan kecelakaan. Dikarenakan ketika Anda berkendara dengan kondisi yang tidak fit, maka akan mempengaruhi performa pengendara dalam mengendarai sepeda motor. Akibatnya Anda bisa kehilangan konsentrasinya ketika berkendara. Alangkah baiknya, beristirahat terlebih dahulu apabila merasa kondisi sudah tidak memungkinkan untuk beraktivitas. Kemudian lanjutkan kembali apabila sudah merasa lebih baik.

comments

`