caption trialgame

MENDING OLI MESIN ENCER ATAU KENTAL YA?

Wednesday, 16 November 2022

Pilih oli Mesin Encer Atau Kental?


 Tingkat kekentalan pada oli berbeda-beda, tergantung dari jenis motor trail yang Anda gunakan ada yang encer dan juga kental. Penggunaan oli yang tepat akan sangat bermanfaat untuk menjaga performa kendaraan bermotor.

Supaya performa mesin motor trail Anda tetap stabil dan terjaga, penggunaan oli yang berkualitas juga perlu. Tapi selain harus mempertimbangkan kualitas oli, Anda juga harus memperhatikan tingkat kekentalan oli untuk mesin motor. Jika Anda memakai oli yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin motor maka efeknya bisa merusak mesin.

Nah ternyata masih banyak yang kurang paham tentang masalah tingkat kekentalan oli yang dibutuhkan mesin. Salah satunya yaitu informasi mengenai oli kental lebih baik untuk melumasi kendaraan dibandingkan dengan oli encer. Kita coba urai ya, simak terus ya.

Pada motor trail keluaran lama, mesin kendaraan masih belum terlalu presisi dan kerenggangan antar mesinnya cukup besar.  Pada kondisi ini jelas oli kental lebih baik dibandingkan dengan oli encer, karena oli tersebut dapat mengisi ruang kosong yang ada di antara mesin.

Oli kental juga tepat digunakan pada motor trail  dengan usia lebih dari 10 tahun (tetap melihat kondisi mesin) yang biasanya kerapatan antar mesinnya mulai merenggang karena usia. Setiap motor trail sebenarnya bisa menggunakan oli encer atau kental. Hanya saja, tarikan awalnya akan terasa lebih berat dibanding jika Anda menggunakan oli encer.

Tarikan yang berat ini akan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar sehingga kendaraan boros bahan bakar.  Tarikan berat ini juga akan menyulitkan Anda aat harus berkendara melewati jalan menanjak.

Hal ini terjadi karena oli tidak bisa bersirkulasi dengan sempurna akibat kerapatan komponen mesin yang sangat sempit.  Akibatnya oli tidak mampu masuk ke dalam celah-celah mesin secara sempurna. Selain itu, manfaat oli untuk membantu sistem pendinginan mesin kendaraan juga tidak akan bisa berfungsi secara sempurna.

Artinya, oli dengan tingkat kekentalan tinggi memang bagus tetapi hanya untuk kendaraan lama sementara untuk kendaraan baru ada baiknya jika menghindari oli ini ya. Maklum saja pada motor  trail terbaru, bagian piston dan dinding silinder dibuat lebih rapat. Tujuannya adalah mengoptimalkan kompresi pada ruang bakar. Selain itu, kerapatan juga dibuat untuk mencegah bahan bakar menyusup atau blow by ke sistem pelumasan. K arena jarak yang lebih rapat tadi, mesin-mesin motor sekarang membutuhkan viscosity pelumas yang encer. Dengan begitu, setiap komponen di dalam mesin dapat terlumasi dengan baik. Oke, jadi sudah cukup jelas rasanya ya.

 

comments

`