caption trialgame

Mengenal Istilah CC Pada Motor Trail!

Tuesday, 12 October 2021

Mengenal Istilah CC Pada Motor Trail!


Anda sudah pasti sering mendengar mengenai kapasitas mesin motor trail. Biasanya untuk entry level mesin motor trail yang digunakan antara 100-150cc, sementara untuk kelas menengah menggunakn ukuran 250cc dan untuk yang sudah mahir serta mampu, kelas 450cc adalah tujuan yang dinanti.  Tapi kenyataannya tidak sedikit lho yang masih belum paham arti dari  cc dan kaitannya dengan kinerja mesin kendaraan.

Cc adalah singkatan dari cubical centimeter (centimeter kubik). Itu merupakan volume ruang silinder pada suatu mesin. Isi atau volume silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat kendaraan melakukan langkah isap. Semakin besar ukuran volume mesin alias Cc, maka semakin besar kapasitas udara yang masuk ke dalam mesin.

Dengan konfigurasi ini, silinder akan mampu bergerak lebih jauh untuk membakar lebih banyak bahan bakar. Proses ini kemudian secara alami memproduksi tenaga dan torsi yang lebih bertenaga. Ada beberapa hal yang bisa menghambat proses tersebut sehingga gas yang masuk dalam silinder tidak bisa 100 persen. Bisa karena panas mesin, buka tutup klep yang cepat, jarak semprotan injektor yang jauh, atau udara yang masuk sedikit terhambat.

Sebetulnya, CC bukan satu-satunya satuan yang dipakai untuk menentukan kapasitas mesin, satuan lainnya adalah liter (l) dan inci kubik (CID). Karena sentimeter kubik atau CC merupakan isi silinder dalam satuan cm3, maka besarnya CC kendaraan sama saja dengan besarnya volume silinder. Isi atau volume silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat kendaraa melakukan langkah isap.

Nah pengenaan pajak pada kendaraan biasanya didasarkan pada kapasitas mesin motor tersebut daripada keluaran tenaga mesinnya. Kapasitas mesin ini adalah dasar dari sebuah desain mesin, sedangkan keluaran tenaga bisa bergantung pada beberapa faktor lainnya. Hal ini berakibat pada banyaknya pabrikan otomotif yang berkonsentrasi untuk meningkatkan tenaga mesin dengan berbagai teknologi seperti variable valve timing dan turbocharger. Jadi gak heran kalo pajak motor bermesin besar lebih mahal dibandingkan yang kecil ya.

comments

`