caption trialgame

Mengenal Seluk Beluk Mesin Mini Moto

Wednesday, 18 November 2020

Mengenal Seluk Beluk Mesin Mini Moto


Motor trail memang tidak mengenal usia. Tua muda banyak yang menggandrungi tunggangan garuk tanah ini. Nah namun biasanya untuk para pengendara usia belia yang ingin mempelajari motor trail, mereka menggunakan mini moto yang kini sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Bukan hanya yang rakitan lokal, beberapa pabrikan besar pun sudah merilis produk mini moto mereka kendati belum dalam jumlah yang banyak. Mesin motor mini ini berbeda dengan mesin pada umumnya karena didesain minimalis dan mudah dalam perawatan serta pengoperasiannya. Dan biasanya yang populer adalah mini moto yang memiliki mesin dengan tenaga 49cc. lewat tulisan ini kami aja coba beberkan beberapa fakta mengenai mesin mini moto, yuk disimak.

Mesin Motor mini 49cc 2 Tak Mesin matic ini cara menyalakannya adalah dengan ditarik menggunakan tangan ( pullstart ). Penarik mesin atau pullstart biasanya ada dua jenis bahan yang digunakan yaitu plastik dan besi babet.

Oh iya mesin mini motor tidak menggunakan oli mesin ya, jadi untuk pelumasan hanya mengandalkan oli samping yang langsung dicampur dengan bensin saat pengisian bahan bakar. Usahakan pencampuran oli samping di luar tangki. Biasanya dari pabrikan sudah disediakan tempat untuk mencampur antara oli samping dan bensin. Takaran standard adalah 20 : 1 ( besin : oli ).

Biasanya mini moto 49cc memiliki tiga jenis mesin yaitu tipe standar, tipe ZK dan type racing. Perbedaan yang paling mencolok diantara ketiganya adalah perbedaan blok piston yang digunakan. Selain itu harga yang ditawarkan pun berbeda- beda, yang termurah adalah mesin standar dan yang termahal adalah mesin racing 49cc.

Mini moto memiliki dua ukuran piston yaitu yaitu diameter 40mm dan 44mm, hal ini biasanya jarang diketahui masyarakat. Jika piston yang dipasang ukurannya berbeda dengan blok piston, maka mesin tidak akan berfungsi dengan normal. Maka dari itu penting untuk mengetahui ukuran piston mesin motor mini yang anda gunakan. Untuk ukuran 40mm sekarang jarang tersedia. Jadi jika anda mempunya piston 40mm dan ingin diganti, terpaksa anda harus mengganti juga blok piston dengan ukuran yang sama ( 44mm ).

Dari segi pengaplikasian mesin pada motor mini setiap jenis mini motor memiliki ukuran gear depan yang berbeda. Untuk motor mini trail ukuran gear lebih besar serta terdapat gear box tambahan. Busi mesin mini motor menggunakan ukuran yang lebih kecil dari pada motor pada umumnya. Jadi pastikan membeli ukuran yang pas atau belilah langsung di tempat yang jual sparepart khusus mini motor.

Dan yang terakhir adalah kampas kopling mini moto memiliki 2 tipe. Pertama, kopling dengan kampas warna merah dan memiliki per 3 atau 3 spring. Jenis yang kedua adalah kopling dengan per berjumlah 2 / 2 spring dengan kampas warna hitam. Kampas yang digunakan adalah kampas kering. Biasanya harga kampas hitam dengan 2 per lebih mahal dibanding kampas 3 per.

 

comments

`