caption trialgame

Menginitp Spesifikasi Motor Trail Rally Dakar

Friday, 27 December 2019

Tidak terasa event tahunan Rally Dakar akan segera digelar pada Januari 2020 mendatang. Nah menariknya, event kali ini adalah pertama kalinya Asia menjadi tuan rumah penyelenggaraan, dan Arab Saudi mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan event yang konon merupakan rally paling berbahaya di dunia.

Motor trail menjadi salah satu lomba yang paling ditunggu dalam setiap pagelaran Rally Dakar. Tak heran jika kemudian, para produsen motor trail kemudian sengaja merilis motor trail spesial untuk menyambut event ini. Salah satu yang baru saja merilis produk terbaru mereka untuk Rally Dakar adalah KTM.

Untuk event 2020 mendatang, KTM mempersiapkan motor Andalan mereka yaitu KTM 450 Rally, yang rencananya akan digunakan oleh dua tim utama. Lantas seperti apa sih spesifikasi motor ini? Sebenarnya basis motornya masih sama dengan KTM 450 RALLY yang sukses menang di Dakar 2019. Namun KTM melakukan beberapa pengembangan agar motor ini tetap mampu tampil kompetitif.

Di sektor mesin KTM 450 RALLY model year 2020 masih tetap pakai mesin SOHC 450 cc satu silinder dengan sistem pendingin radiator. Tidak diketahui secara pasti berapa output power mesin ini. Namun ada bocoran informasi bahwa mesin ini sanggup dibawa melesat hingga kecepatan maksimal 280 km/jam.

KTM 450 RALLY juga menggunakan sistem kopling dari Hinson Racing. Menurut Team Leader KTM Rally Stefan Huber, saat membalap di area gurun pasir para pembalap sering kali bermain kopling sehingga dibutuhkan sistem kopling yang kuat dan Hinson adalah pilihan yang tepat. Untuk mengimbangi mesin ini, KTM membekali KTM 450 RALLY 2020 dengan knalpot full system buatan Akrapovic. Motor ini juga dilengkapi dengan knalpot yang terbuat dari bahan titanium sehingga bobotnya sangat ringan dan punya durabilitas yang bagus. Knalpot Akrapovic juga diyakini sanggup mengeluarkan torsi dan power mesin dengan maksimal.

Pada bagian sasis, KTM tidak merubah ciri khasnya dengan tetap memakain sasis model trellis dari bahan chromoly. Sasis tersebut dipadu dengan suspensi depan WP XACT 78 mm. Sebuah ukuran yang amat besar untuk sebuah suspensi. Tenyata suspensi depan sebesar itu diperlukan karena bobot motor yang cukup berat.

Dalam kondisi semua ruang liquid terisi dan bensin full, bobot motor sekitar 150-an kg. Itu belum termasuk beban dari si pembalap. Padahal sepanjang balapan motor dipaksa berlompatan dengan ketinggian di luar nalar untuk motor sebesar itu. Jadi memang dibutuhkan suspensi yang luar biasa kuat. Suspensi depan ini dipadu dengan triple clamps CNC dari XTRIG yang dirancang untuk kebutuhan high speed.

Masih banyak komponen-komponen ajaib yang terpasang di KTM 450 RALLY model year 2020. Sebut saja tower navigasi dari bahan karbon dengan bobot sangat ringan, bagian facia yang sangat aerodinamis, pelindung mesin dari bahan karbon, piringan rem dari Moto Master plus kaliper buatan Brembo, velg D.I.D DirtStar, ban Michelin, sprocket dari Supersprox, hand grip yang sangat soft biar pembalap lebih nyaman, jok spesial dari Selle Dalla Valle, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah kesemuanya dipasang pada motor ini dengan harapan bahwa siapa pun yang mengendarainya bisa tampil optimal dan mampu memberikan prestasi terbaik bagi timnya.

comments

`