caption trialgame

Mengintip Motor Juara Dunia Enduro

Tuesday, 7 January 2020

Kendati namanya belum populer dikalangan pecinta motor trail Indonesia, namun sepak terjang Manuel Lettenbichler di tahun 2019 ini cukup membelakan mata. Pebalap asal Jerman ini sukses menjadi juara dunia World Enduro Super Series, dengan memenangi dua kejuaraan enduro bergengsi yaitu Romaniacs dan Getzen Rodeo.

Pebalap yang kerap disapa dengan panggilan Manni ini juga sukses ketika mengikuti beragam kejuaraan Hard Enduro di Amerika Serikat. Nah hebatnya, dalam beragam kejuaraan yang diikutinya, Manni selalu menggunakan motor trail 2-tak KTM 300 XC-W TPI model year 2020.

Nah saat ini Manni tengah mengikuti kembali kejuaraan di Amerika, namun kali ini dia tidak menggunakan unit motor KTM 300 EXC TPI, karena di Amerika Serikat tipe yang beredar adalah KTM 300 XC-W TPI. Untuk menyesuaikan dengan spesifikasinya, Manni membawa berbagai macam komponen sendiri seperti suspensi WP Cone Valve dengan settingan super soft, knalpot buatan Akrapovic, ECU, handlebar, hingga hand grip.

Komponen lain yang terpasang di motor Manni adalah triple clamps buatan Xtrig dengan offset 22 mm, handlebar 2013, disc brake Moto-Master baik di depan maupun belakang, dan ban Michelin. Secara standard KTM 300 XC-W TPI tidak dilengkapi dengan kipas radiator sehingga mekanik kepercayaan Manni, Robbie Goolsby harus memasang kipas radiator tambahan yang didapatkan dari KTM PowerParts lengkap dengan mounting dan relay-nya.

Hinson Racing merupakan salah satu supplier sponsor tim balap factory KTM secara global. Jadi nggak heran kalau akhirnya Manuel Lettenbichler pakai clutch cover Hinson Billetproof. Selain itu Manni mengganti ukuran sprocket standar 13/50 dengan ukuran 12/49 tetap dari brand Supersprox.

Motor KTM Manni kali ini juga dilengkapi dengan headlight buatan Rigid Industries, karena lomba yang diikutinya kali ini memiliki durasi hingga malam hari. Headlight ini punya keunggulan daya pancar yang terang bukan hanya cuma ke arah depan, tapi juga ke arah samping sehingga sangat membantu penerangan di malam hari. Kebetulan KTM 300 XC-W TPI model year 2020 dibekali dengan stator dan dan voltage regulator yang lebih besar sehingga bisa mengakomodasi lampu dengan daya lebih besar pula. Dengan dukungan teknis yang begitu hebat, rasanya gak heran sih juga kalo Manni merajai beragam kejuaraan Enduro di tahun 2019 ini.

comments

`