caption trialgame

Menikmati Lereng Merapi di atas Motor Trail

Sunday, 7 July 2019

Indonesia memang tidak pernah kekurangan tempat untuk ber trail adventure. Kekayaan alam yang tidak habisnya serta pesona keindahan yang tak terbatas, membuat bumi pertiwi menjadi tempat bermain paling ideal bagi para pecinta motor trail.

Nah salah satu lokasi eksotis yang cukup menantang kemampuan anda bermotor trail adalah lereng Gunung Merapi yang masuk ke dalam wilayah kabupaten Sleman, Jogjakarta. Gunung ini terhitung berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk berkoordinasi dengan pihak terkait sebeulmnya.

Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak.

Nah biasanya rute pertama yang dihampiri adalah Kaliadem. Anda akan menukan jalan beraspal sebelum menjelang Kaliadem bertemu dengan jalan batu yang ukurannya cukup besar. Jalan ini biasa dipakai oleh truk-truk yang mengangkut hasil tambang batu di sekitar lereng Merapi. Oh iya siapkan helm, google dan masker ya karena melewati jalan ini Anda akah disamut dengan debu yang berhamburan, sampai jalan yang baru dilalui pun tidak terlihat. Dan pastikan juga stamina Anda prima, karena jalan bebatuan akan menguras tenaga, tangan Anda, serta kaki-kaki motor trail Anda.

Kondisi jalan mulai membaik setelah Anda melewati bunker Kaliadem, tempat ini berfungsi sebagai ruang evakuasi ketika Gunung Merapi meletus. Dari tempat ini akan bertemu dengan tanjakan yang sebenarnya tidak terlalu tinggi dan panjang, tapi lumayan teknikal karena tanahnya gembur dan penuh dengan bebatuan besar.

Oh iya disekitar Kaliadem ini banyak warung-warung berderet lho, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat sebelum melanjutkan petualangan. Anda juga bisa berkunjung ke Dusun Kinahrejo untuk melihat kampung mbah Maridjan yang terkena langsung dampak ganasnya letusan gunung Merapi.

Dari tempat ini Anda bisa memilih untuk kembali melahap jalur aspal menuju Kali Kuning atau Kaliurang, sebelum akhirnya kembali ke kota, atau mencari beragam spot ekstrim diseputaran lereng Merapi. Ada beberapa spot yang bisa memuaskan hati para penggemar Hard Enduro tapi kami akan membahasnya pada artikel lainnya ya.

comments

`