caption trialgame

Menjajal Spot Offroad di Ujung Timur Pulau Jawa

Saturday, 6 April 2019

   Tidak ada bosannya kami mengatakan bahwa Indonesia kaya akan spot adventure yang pasti tidak akan ada habisnya untuk dibicarakan. Salah satu spot yang menarik yang berada di ujung timur pulau jawa untuk melakuan trial adventure adalah Taman Nasional Merubetiri dan Baluran yang terletak di daerah Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur.

   Untuk menuju rumah terakhir bagi Harimau Jawa tersebut, Anda harus memulai perjalanan dari Kota Banyuwangi. Tantangan pertama pun datang dari jalanan yang penuh lubang khas tapi jangan khawatir semakin menuju arah pinggiran Kota, jalanan aspal pun berganti dengan jalanan tanah liat.

   Disini Anda bisa melakukan melakukan speed offroad dengan sepuas hati. Uniknya, kendati jalurnya masih tanah tapi tidak terlalu berdebu, sehingga Anda bisa menghemat tenaga untuk medan yang lebih berat di tempat lainnya.

   Setelah menempuh waktu satu jam perjalanan dari pusat kota, Anda akan bertemu dengan pintu masuk hutan Alas Wangi. Inilah tantangan pertama yang harus dihadapi, dimana hutan yang masih sangat lebat ini hanya diisi dengan jalur single track dan sangat basah.

   Di hutan Alas Wangi Anda perlu lebih berhati-hati karena jalur offroad disini terdapat banyak jurang yang menganga dengan kedalaman bervariasi, dari mulai 10 s/d 50 meter. Cukup lumayan lah buat membuat jantung kembang kempis dan menggetarkan lutut.

   Setelah keluar dari jalur hutan Alas wangi, Anda akan mulai memasuki perkebunan coklat dan kelapa. Beda dengan jalur hutan, tantangan disini berupa jalan aspal yang sangat rusak dengan kombinasi tanah yang bergelombang. Jelas ini santapan para penggila trail adventure.

   Tapi tenang saja, segala kesulitan ini akan terbayar tuntas dengan hamparan pemandangan yang sangat hijau, dan indah. Air di sepanjang jalan perkebunan pun masih sangat jernih, dengan suasana yang begitu damia. Tempat ini merupakan titik terbaik untuk mengisi perbekalan sebelum melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran, menuju padang savana.

   Nah, jalur offroad di savana sendiri kebanyakan datar, jadi Anda bisa sepuasnya melakukan speed offroad, walaupun memang masih tetap harus berhadapan dengan jalur yang berlubang. Diperlukan kehati-hatian yang ekstra karena di tempat ini banyak binatang liar yang lalu lalang, seperti rusa yang tiba-tiba bisa masuk ke jalur tanpa permisi.

   Di savana ini, Anda akan merasakan seperti di Afrika, dimana banyak binatang liar yang biasanya hanya temukan di kebun binatang. Kalau cuaca cerah, bahkan Anda bisa bertemu dengan berbagai jenis binatang unik lainnya, termasuk banteng. Menjelajah spot offroad di daerah Banyuwangi dan Situbondo ini memang sangat melelahkan, tapi rasanya semua terbayar tuntas dengan kepuasan serta keindahan alam yang Anda saksikan.

comments

`