caption trialgame

Merawat Komponen Gerak Motor Trail

Thursday, 23 April 2020

 

Mumpung masih banyak waktu di rumah, rasanya salah satu cara efektif untuk mengisinya adalah dengan merawat motor trail Anda. nah kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai cara perawatan dasar komponen gerak tunggangan yaitu rantai motor trail.

Ada empat langkah perawatan yang harus Anda lakukan agar performa rantai tetap optimal dan berkendara tetap nyaman. Namun yang paling penting adalah rantai tetap lancar berputar dan tidak putus atau terlepas dari gearnya. Jika hal ini terjadi bisa saja terjadi kecelakaan. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu bukan?

Langkah pertama adalah selalu memberikan pelumas pada rantai roda. Tujuannya adalah agar tetap awet. Pelumas rantai roda ini berfungsi untuk melumasi rantai motor hingga ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantu membersihkan rantai motor dari kotoran maupun debu yang menempel pada rantai.?

Jangan memberikan pelumas rantai dengan oli bekas, karena akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Kami sarankan untuk menggunakan chain lube, bahkan beberapa pabrikan motor saat ini telah merilis chain lube mereka sendiri.

Setelah itu bersihkan rantai motor secara rutin, terutama jika sering digunakan pada cuaca hujan maupun panas karena kemungkinan rantai akan menjadi kotor dan berdebu. Pastikan untuk selalu rutin membersihkan agar rantai motor menjadi lebih awet dan performancenya tetap terjaga.

Jangan lupa untuk mengatur jarak main rantai, agar tidak kendur atau kekencangan. Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala.

?Jika tidak menggunakan motor trail Anda untuk lomba, kami sarankan untuk selalu menggunakan rantai dan gear asli yang sesuaikan dengan spesifikasi dikeluarkan oleh pabrikan sepeda motor. Karena pabrikan telah menghitung rasio gigi di mesin dan sampai dengan di reduksi akhir di roda penggerak. Apabila rantai motor yang digunakan tidak sesuai maka akan mendapatkan?perbedaan pada saat handling motor tersebut.

Dan jika Anda ternyata memerlukan penggantian rantai atau gear set, saat ini rasanya hampir setiap bengkel menyediakan layanan antar atau service di rumah. Jangan memaksa untuk tetap ke bengkel karena untuk mencegah penyebaran virus Corona, kami sarankan untuk tetap tinggal di rumah ya.

comments

`