caption trialgame

Merawat Motor Trail Gear di Musim Kemarau

Wednesday, 21 August 2019

Mengendarai motor trail memang memerlukan beragam macam gear atau perlengkapan agar keamanan dan keselamatan pengendara dapat terjaga. Mulai dari helm, sarung tangan, pelindung lutut, siku, sepatu boot hingga hal lainnya.

Kita hidup di daerah yang hanya mengenal dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Saat musim kemarau seperti ini, Anda harus sedikit meluangkan waktu untuk merawat beragam perlengkapan motor trail agar tetap nyaman saat digunakan. Maklum saja, saat musim kemarau, udara panas tentu membuat tubuh berkeringat ekstra. Nah keringat yang menempel pada gear motor trail Anda inilah yang berpotensi akan membuat berkendara menjadi kurang nyaman.

Dua gear yang biasanya terkena dampak langsung dari keringat adalah helm dan sarung tangan. Dua peralatan ini biasanya jarang mendapat perhatian jika selesai berpetualang. Berbeda dengan baju atau celana yang digunakan, kendati juga terkena keringat namun keduanya biasanya langsung dicuci setelah selesai berpetualang.

Helm yang terpapar keringat biasanya akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap, dan ketika digunakan akan menyebabkan ketidaknyamanan, sehingga konsentrasi berkendara bisa terpengaruh. Maklum saja kepala adalah bagian yang paling cepat panas dan mengeluarkan keringat saat berkendara, apalagi di musim kemarau. Maka penting untuk para pengendara memperhatikan helmnya agar tetap nyaman ketika digunakan kembali.

Untuk itu sebaiknya segera setelah selesai digunakan ada baiknya jika langsung membalikan helm, dengan lubang kepala menghadap ke atas. Hal dimaksudkan agar helm bisa bernafas dan aroma keringat bisa diurai karena adanya sirkulasi udara.

Anda bisa melakukan hal ini di luar ruangan atau di dalam ruangan, bebas saja. Tidak selalu harus terpapar matahari. Manfaat membalik helm tersebut ialah mengurangi bau bekas keringat dan hinggapnya jamur. Tapi untuk mendapat hasil maksimal memang sebaiknya disarankan untuk pengguna mencuci helmnya tiap minggu.

Oh iya Anda juga bisa menggunakan penutup kepala atau baclava untuk menyerap keringat ya. Jadi keringat tidak langsung menempel pada helm. Hanya saja penggunaan baclava di musim kemarau akan membuat kepala Anda menjadi lebih panas.

comments

`