caption trialgame

Metode Penambalan Ban Motor Trail

Thursday, 4 April 2019

   Motor trail memang idealnya menggunakan ban tube atau ban dalam. Mengingat motor trail biasa digunakan pada medan offroad, maka penggunaan ban tube yang memiliki struktur karet lebih empuk menjadi nilai plus.

   Nah tapi salah satu kekurangan dari motor yang menggunakan ban dalam adalah saat bocor bisa menjadi ujian tambahan bagi para penggunanya, apalagi jika situasi ini terjadi di medan offroad. Tentu saja Anda harus menambalnya agar bisa menggunakan kembali motor trail Anda, dan terkadang jika cara menambalnya tidak benar, maka dalam rentang waktu yang tidak lama akan kembali terjadi kebocoran.

   Nah saat ini ada beberapa jenis penambalan ban dalam motor namun yang cukup populer adalah dengan menggunakan sistem tip top dan sistem pembakaran. Sistem tambal tip top adalah metode penambalan ban dengan jalan kita merekatkan sebuah lapisan karet penambal pada bagian dalam ban tubeless type, dan sebelum dilakukan perekatan biasanya ban yang bocor sedikit dikerik menggunakan gerinda khusus dengan maksud agar lapisan penambal ini nantinya bisa kuat merekat. Setelah karet penambal tadi direkatkan barulah di press dengan alat pengepress khusus yang juga berfungsi sebagai pemanas, gunanya adalah untuk lebih menguatkan rekatan karet penambal tadi pada permukaan bagian ban yang ditambal

   Namun banyak yang mengeluhkan jika sistem tip top tidak mampu menambal ban dengan sempurna lho. Tidak semua tambal Tip Top itu jelek daripada tambal model bakar. Hanya saja memang material Tip Top yang bagus, susah dicari dan jika ada pun harganya tidak murah. Tidak heran jika kemudian banyak yang lebih memilih sistem penambalan bakar yang sering kita jumpai pada tukang tambal ban pinggir jalan.

   Menambal dengan sistem Tip Top menjadi tidak optikan karena poduknya kurang berkualitas atau proses pemasangan tidak tepat.Sebab kalau proses pamasangan benar, lem Tip Top juga bisa kuat.Tapi, semua kembali pada cara pemasangan Pastinya, bagian yang bocor harus bersih juga berpori setelah diampelas.

   Hal ini juga berlaku dengan sistem tambal bakar. Jika prosesnya tidak tepat, meski sudah dipanaskan, kompon atau material penambal ban belum tentu homogen dengan ban aslinya.Paling benar, bagian ban yang bocor terlebih dahulu dibersihkan dan berpori, dikasin cairan khusus perekat kompon sebelum dilapis lembar alumunium dan dipanaskan. Nah jadi mau pilih cara tambal ban yang mana nih?

comments

`