caption trialgame

Metode Rawat Pelek Jari

Wednesday, 8 March 2023

Metode Rawat Pelek Jari-Jari Motor Trail


Motor trail yang sering digunakan untuk trabasan sudah pasti menggunakan pelek jari-jari, karena durabilitasnya lebih hebat dibandingkan pelek racing. Merawat pelek jari-jari ini gampang-gampang susah daripada dengan pelek racing atau casting wheel. Hal ini karena pelek jari-jari juga lebih rentan mengalami karatan apabila ada sisa kotoran yang jarang kita bersihkan. Oleh karena itu, ada beberapa trik yang patut Anda ketahui agar pelek tersebut bisa mengkilap dan kinclong.

Ternyata mencuci pelek jari-jari pada sepeda motor berbeda dengan saat mencuci pelek palang maupun racing. Hal ini karena pada pelek jari ada bagian yang cukup sulit untuk kita bersihkan, karena desain peleknya lebih sempit. Walaupun membersihkan pelek jari-jari pada umumnya hampir sama seperti saat membersihkan pelek motor racing. Namun, perbedaannya adalah hanya membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada biasanya itu.

Pencucian sedikit berbeda, karena pelek jari akan ada banyak sudut yang harus digosok, berbeda lagi dengan pelek racing itu. Lalu bagaimana cara yang tepat? Berapa lama untuk waktu pencuciannya?

Cara mengkilapkan pelek jari-jari untuk langkah yang pertama adalah dengan membersihkan pelek setelah Anda gunakan. Terutama setelah kendaraan terkena air hujan, pastinya akan ada banyak kotoran yang menempel pada bagian pelek tersebut.

Sementara itu, untuk pelek jari yang terbuat dari bahan dasar alumunium dan warnanya sudah mulai memudar, maka oleskan cairan khusus.Tujuannya adalah supaya bisa membuat pelek motor Anda kembali menjadi cemerlang dan kinclong.

Namun, apabila pelek jari-jari ini terkena air lumpur, oli, sampai bekas aspal, maka cara pencuciannya cukup mudah. Anda tidak harus menggunakan sabun untuk membersihkan pelek jari tersebut. Sehingga untuk cara mengkilapkan pelek jari jari ini, Anda bisa mencucinya dengan beberapa metode berbeda.  Perlu tambahan berupa sikat khusus supaya mudah untuk menjangkau pada bagian permukaan yang sulit diakses oleh tangan Anda. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas, sebab posisi pelek ini lebih banyak yang menjorok ke dalam. Sehingga terhalang oleh komponen lainnya.

Apabila pelek jari-jari sudah mulai berkarat, kemungkinan besar ini cukup sulit untuk kita bersihkan. Hal ini karena karat bukan merupakan jenis kotoran, tetapi proses perubahan fisik akibat dari oksidasi pada besi.

Penting bagi Anda untuk memeriksa bagaimana kekencangan jari-jari pada pelek motor tersebut. Karena seiring penggunaan serta kondisi jari-jari pasti akan semakin berkurang tingkat kekencangannya akibat benturan jalan. Oleh karena itu, pengecekan kekencangan jari-jari pelek ini masuk ke dalam prosedur pengecekan berkala di sebuah bengkel terpercaya.

 

comments

`