caption trialgame

Mini Moto Trail Untuk Pembinaan Usia Dini

Friday, 31 January 2020

Pembinaan sejak dini adalah hal penting untuk mendapatkan bibit-bibit unggul di masa mendatang. Hal ini juga berlaku dalam dunia motor trail. Sayangnya di Indonesia, pembinaan terhadap bibit-bibit penggemar motor trail seolah kurang mendapat perhatian dan akomodasi dari pihak-pihak terkait.

Namun ada satu pabrikan motor trail yaitu KTM yang setiap tahun rutin merilis motor trail elektrik untuk anak-anak dengan rentan usia 3 hingga 10 tahun. Motor yang bernama KTM SX-E5 boleh dbilang sebagai mini bike karena memang peruntukannya untuk para pemula. Oh iya motor ini diklaim memiliki usia pakai yang panjang, sehingga bisa digunakan untuk latihana dalam waktu yang lama sebelum mereka berpindah ke motor trail yang lebih besar.

Secara desain otor trail elektrik ini tidak bebeda jauh dengan KTM 50 SX yang menggunakan mesin konvensional 2-tak. Frame yang dipakai pada KTM SX-E5 sebenarnya juga identik dengan milik KTM 50 SX. Kemudian KTM SX-E5 dibekali dengan suspensi depan WP XACT 35 dan suspensi belakang mono shock tanpa linkage juga dari WP XACT.

Di sektor mesin, KTM SX-E5 menggunakan motor elektrik dengan tenaga sebesar 5 kW lengkap dengan baterai lithium-ion berkapasitas 907 mAh. Fitur fast charging atau pengisian baterai dengan cepat pun sudah tersedia di motor ini.

Mungkin temen-temen penasaran, kok bisa KTM SX-E5 dipakai oleh anak-anak dengan rentang usia sangat panjang, mulai dari tiga hingga 10 tahun?

Salah satu fitur unggulan yang membuat motor trail ini memiliki rentang usia yang jauh adalah fitur adjustable seat height atau ketinggian jok yang bisa disetel. Tinggi rendahnya jok bisa diatur secara manual. Tapi jika dirasa masih kurang pendek, KTM menyediakan lowering kit yang bisa dibeli secara terpisah. Oh iya, mesin KTM SX-E5 tersedia dalam enam pilihan riding mode yang secara otomatis punya enam output power yang berbeda. Jadi aman buat anak-anak yang baru belajar motor sekalipun.

Sama seperti motor elektrik lainnya, KTM SX-E5 boleh dibilang sangat minim perawatan. Ketika akan menggunakannya, Anda hanya perlu mengisi baterai dengan mencolokkan kabel charger ke socket listrik yang ada di rumah. Jangan lupa juga untuk melumasi rantai menggunakan chain lube ya, walaupun menggunakan mesin elektrik namun KTM SX-E5 tetap mengandalkan sistem penggerak rantai yang dihubungkan ke roda belakang.

Image credit : rideapart.com

comments

`