caption trialgame

Misteri Ban Belakang Motor Trail Yang Lebih Cepat Aus!

Tuesday, 5 April 2022

Misteri Ban Belakang Motor Trail Yang Lebih Cepat Aus!


Ban adalah salah satu komponen penting untuk membantu performa kendaraan baik oda dua, empat maupun kendaraan berat. Khusus untuk motor, fungsi ban selain memastikan kinerja, juga sangat penting dalam menunjang aspek keselamatan pengedaranya.

Kondisi ban harus prima agar aman ketika digunakan, baik kondisi kering maupun basah. Ban yang sudah menyentuh Tread Wear Indicator (TWI) sebaiknya diganti dengan yang baru. Karena jika dibiarkan, ketika motor melibas jalanan yang basah bisa berpotensi selip dan tergelincir, sehingga membahayakan pengendara.

Tapi tahukah Anda, jika biasanya ban belakang akan mengalami aus lebih cepat ketimbang ban depan. Bahkan frekuensi penggantian ban belakang bisa sampai dua kali ban depan. Penyebab ban belakang lebih cepat aus ada beberapa. Pertama fungsi ban belakang sebagai traksi dan penggerak sehingga akan berputar lebih dulu. Berbeda dengan ban depan yan fungsinya sebagai pengendali arah. Walaupun memang bergesekan ketika mengendalikan arah, kinerjanya tidak seberat ban belakang.

Penyebab kedua adalah letak ban belakang yang dekat dengan mesin dan knalpot. Ban belakang bisa lebih cepat habis dikarenakan ada panas dari crankcase, mesin dan knalpot. Terlebih, ban adalah komponen berbahan karet, dimana bila karet dekat dengan suhu panas maka akan mudah memuai.

Jangan lupa dengan gesekan antara ban dan permukaan jalan juga menjadi faktor yang membuat ban belakang menjadi lebih cepat aus. Belum lagi kalau Anda mempunyai kebiasaan memakai rem belakang. Saat memakai rem belakang, otomatis ban belakang akan menahan momentum gerak dari sebuah motor.  Dari rem belakang ini, lama kelamaan ban belakang motor akan terkikis.  Oh iya ban belakang juga berfungsi untuk menahan beban angkut di motor. Mengingat beban motor yang condong ke sisi belakang membuat ban belakang lebih cepat terkikis.

Nah biasanya nih, ada saja yang memiliki ide cemerlang untuk menukar ban depan yang dianggap masih bagus dengan ban belakang yang aus untuk menghemat. Kami tidak menyarankan hal ini ya, karena adanya perbedaan ukuran yang akan membuat motor trail Anda tidak bakalan nyaman dikendalikan dijalan lurus maupun belokan, terlebih di medan offroad.

 

comments

`