caption trialgame

Modif Motor Adventure Modern Jadi Retro Rally!

Tuesday, 7 September 2021

Modif Motor Adventure Modern Jadi Retro Rally!


Motor bergenre adventure biasanya memiliki tampilan yang sangar dan gagah. Gak heran memang karena motor ini masih terhitung motor kelas high end. Tapi apa jadinya jika motor adventure di modifikasi sehingga memiliki tampilan ala motor rally retro.

Hal ini lah yang dilakukan oleh bengkel modifikasi asal Italia, Deus Ex Machina. Mereka menggunakan motor adventure Yamaha Tenere 700 yang memiliki tampilan modern dan kemudian dirombak  menjadi sebuah motor adventure bernuansa retro rally.

Beberapa bagian bodi bawaan Tenere 700 dilepas dan berganti satu set body kit baru yang didesain Camal Studio. Body kit ini terbuat dari material fiberglass dan dibuat dalam konsep plug and play agar lebih ringkas saat proses modifikasi. Tangki asli sudah tertutup dan dilapisi oleh body kit di tangki yang punya ukuran cukup besar dan kental desain retro modern.

Menengok bagian buritan, terdapat body kit belakang yang desainnya terinspirasi dari Yamaha XT600 Tenere era 1980-an. Di buritan ini juga terpasang stop lamp beserta lampu sein LED custom minimalis. Bagian tengah juga terpasang jok custom single seater yang simpel.

Pindah ke depan, sebuah semi-fairing custom baru terpasang menggantikan fascia bawaan. Aura motor Dakar klasik juga muncul berkat penggunaan cover headlamp copotan dirt bike jadul. Cover tersebut juga dikombinasikan dengan headlamp LED kotak dan windshield custom bening.

Untuk finishing di sektor bodywork, warna putih dan kuning disemprot pada body kit barunya dengan tambahan identitas 'Deus' di tangki.Ada pula beberapa ubahan dengan aksesoris aftermarket pendukung di modifikasi Tenere 700 ini.

Di area kokpit, setang dan panel instrumen bawaan tetap dipertahankan, ada tambahan hand guard Acerbis di bagian kanan dan kiri setang. Terpasang pula holder road book yang biasa ditemukan di motor rally.

Pada bagian kaki-kaki juga ada ubahan, seperti garpu depan sudah menggunakan upside down Andreani. Sedangkan untuk shockbreaker belakang dipercayakan ke part milik Ohlins. Kedua pelek masih menggunakan standar pabrik, namun untuk ban sudah ditingkatkan memakai Metzeler Karoo Extreme. Persis di bagian bawah mesin terpasang skid plate aksesoris resmi milik Yamaha. Agar suara mesin jadi gahar, sektor exhaust system diganti dengan SC Project Titanium. Gimana menurut pendapat Anda? sayang gak merubah tampilan pabrik yang sudah keren menjadi retro klasik?

 

comments

`