caption trialgame

Modif Ringan Sebelum Trabasan!

Thursday, 3 February 2022

Modif Ringan Sebelum Trabasan!

 
Sebenarnya Anda bisa langsung membawa motor trali yang baru Anda beli untuk melahap medan offroad, karena memang pada hakikatnya motor tersebut adalah motor petualang. Namun, motor trail yang banyak beredar di Indonesia saat ini biasanya berjenis dual purpose, yang artinya bukan murni motor penggaruk tanah. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa penyesuaian agar performanya menjadi optimal. Kami sudah beberapa kali memberikan artikel untuk meningkatkan performa motor trail saat trabasan. Nah kali ini, kami akan jelaskan asesoris tambahan apa saja sih yang bisa disematkan pada motor trail Anda, sehingga pengalaman trabasan menjadi lebih mudah dan mengasyikan. Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah gas spontan. Perlu dipahami, perangkat ini bukan untuk meningkatkan performa. Melainkan mengubah mekanisme putaran gas lebih ringkas. Tak perlu memelintir terlalu banyak, putaran mesin langsung tinggi.

Berikutnya engine guard atau skid plate. Pelindung blok mesin ini tersedia dalam berbagai bahan. Plastik keras, atau besi solid. Keduanya sudah bisa melindungi dari empasan kerikil maupun benturan batu, tinggal sesuaikan selera. Frame guard juga sebaiknya dipasang, supaya tak meninggalkan gores saat offroad.

Ada pun hand guard, melindungi tangan dari lemparan batu kendaraan di depan. Aksesori ini juga berfungsi saat posisi pinggir stang, mau tak mau menghantam ranting di kecepatan tinggi. Setidaknya tangan Anda terlindungi dari risiko cedera. Kalau bisa, beli satu set bodi plastik baru, beserta spakbor depan dan belakang. Tanggalkan yang asli, supaya kondisinya tetap bagus di kemudian hari. Dan jangan terlewat, baiknya headlamp dan stoplamp bawaan juga tinggalkan di rumah. Tukar dengan penerangan merek aftermarket atau plastic pad. Tentu Anda tak mau lampu aslinya pecah kan?

Oh iya Anda juga bisa Anda bisa mendongkrak performa dapur pacu lho. Dengan mesin dan sistem pengabutan bensin standar, sebetulnya cukup. Tapi jika bisa ditingkatkan kenapa tidak? Prosesnya pun tidak rumit, tak perlu bongkar silinder head dan lainnya. Cukup pasangkan karburator ukuran 28, apapun mereknya. Semisal Kawahara (ekonomis) atau yang levelnya agak tinggi, Keihin. Kostumisasi ukuran main jet dan pilot jet pun variatif. Bisa tersedia dalam paket karburator, atau membelinya secara terpisah. Tapi jangan lupa, exhaust juga sebaiknya ikut diganti. Supaya paduan ini bisa bekerja optimal. Inilah keuntungan masih memakai pengabut bensin, mudah untuk disetting. Nah gimana? Selamat mencoba ya.

 

comments

`