caption trialgame

Modifkasi Keren Trail Vintage ala Royal Enfield

Sunday, 26 May 2019

Memodifikasi motor memang mengasyikan, ada yang gemar mengutak-atik bagian mesin namun kebanyakan justru lebih gemar mengubah penampilan. Nah salah satu brand apparel dan riding gear yang berbasis di Barcelona, Fuel Bespoke Motorcycles, baru saja memperkenalkan hasil kreasi terbaru mereka, yaitu sebuah motor custom yang dibangun dari basis motor petualang, yaitu Royal Enfield Himalayan.

Fuel Motorcycles memodifikasi motor tersebut menjadi sebuah motor trail adventure seperti yang digunakan pada ajang rally Paris Dakkar di dekade 80an. Proyek yang bernama Royal Rally 400 ini, lebih mirip seperti motor trail klasik atau vintage enduro daripada motor rally tulen. Motor ini akan digunakan oleh pendiri Fuel Motorcycles, Karles Vives, di ajang Scram Africa 2019 yang berlangsung di Maroko.

Dalam membangun Royal Rally 400, Fuel mempertahankan mesin dalam kondisi standar Royal Enfield Himalayan berupa mesin 411 cc SOHC 4-tak yang punya stroke panjang sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 24,5 HP dan torsi 31 Nm. Mesin standar Himalayan sudah cukup untuk digunakan di Scram Africa 2019 karena di event tersebut tidak terlalu membutuhkan kecepatan, melainkan lebih butuh motor yang ringan, gampang bermanuver, dan simple.

Mesin ini pun dianggap sudah cukup untuk melibas Pegunungan Atlas dan Gurun di Maroko serta berbagai macam rintangan lainnya mulai dari aspal, lumpur, pasir, dan lain-lain. Hanya saja pada mesin ini Fuel mengganti knalpot standar dengan knalpot milik motocross Suzuki RM-Z450 agar suaranya lebih gahar dan serta tarikan mesin lebih kuat. Selanjutnya mesin juga dipasangi ECU Powertronic untuk mengimbangi penggantian knalpot. Selebihnya dibiarkan standar, termasuk gearbox hingga final gear tetap standar.

Fuel Motorcycles menanggalkan lampu-lampu depan hingga windshield Himalayan kemudian menggantinya dengan lampu vintage enduro dengan desain kotak. Penampilan semakin keren saat di bawah lampu juga terpasang front fender vintage enduro. Jok yang tadinya model tandem diganti dengan jok tunggal, namun bagian belakang diberi rak agar bisa dipakai untuk meletakkan tas berukuran kecil. Di bagian kanan-kiri jok juga melekat rak untuk menaruh soft luggage.

Ban off-road tulen dengan ring 18-21 inch terpasang dengan manis. Kemudian Fuel memasang sebuah switch yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan fitur ABS pada motor sehingga rider bisa memilih apakah akan menggunakan sistem rem ABS atau tidak, tergantung dari medan yang dilalui itu on-road atau off-road.Asesoris lainnya yang menempel pada motor ini adalah hand guard, handlebar yang lebih kuat, hand grip yang lembut untuk kebutuhan rally, serta konsol speedometer yang unik dan sederhana. Tidak heran jika kemudian kesan vintage namun gahar terlihat pada Royal Rally 400. Kepengin juga kan?

comments

`