caption trialgame

Motor Enduro Murah Rilisan Gas Gas

Wednesday, 26 June 2019

Pabrikan motor off-road asal Spanyol, Gas Gas, dikabarkan akan segera merilis motor enduro murah milik mereka yaitu Gas Gas ECRanger. Menurut kabar yang beredar jenis yang akan dipasarkan adalah ECRanger 300 yangmenggunakan mesin 2-tak.

Sebagai motor yang diposisikan dengan bandrol harga lebih murah, ECRanger 300 sebenarnya memiliki garis desain dan penampilan yang cukup identik dengan versi mahalnya yaitu tipe EC 300. Bahkan basis mesinnya pun kalau nggak salah sama. Hanya saja pada ECRanger 300 mesin di-downgrade dengan penggantian cylinder dan cylinder head yang membuat kompresi mesin menjadi lebih rendah, settingan CDI yang berbeda, dan menggunakan knalpot buatan Tecnigas, bukan FMF seperti pada EC 300.

Hasilnya power ECRanger 300 jauh lebih kalem, power delivery lebih smooth, dan konon kabarnya sekalipun gas dibuka dalam-dalam yang membuat mesin melengking kencang tenaganya tetap dibatasi. Nggak heran kalau Gas Gas menyebut ECRanger lebih cocok buat fun off-road, bukan untuk kompetisi, karena semuanya serba under control yang cocok dipakai oleh rider pemula sekalipun.

Nah oleh karena sebab di atas, maka motor ini terhitung ramah bagi pemula. Kemudian ketinggian joknya pun lebih bersahabat. ECRanger punya ketinggian jok yang lebih rendah 40 mm dibandingkan dengan EC. Hal ini bisa dilakukan setelah Gas Gas mendesain ulang bagian suspensi EC agar bisa terpasang dengan baik di ECRanger. Bukan rahasia lagi, kebanyakan pengguna motor trail Eropa, khususnya rider asal Indonesia, sering kali bermasalah dengan ketinggian jok. Tapi ECRanger ini memberikan solusi bagi permasalahan itu.

Meskipun ECRanger bisa dikatakan sebagai versi downgrade dari EC, tapi nyatanya Gas Gas tetap memasang banyak komponen unggulan kok. Suspensi depan tetap mengandalan Kayaba 46 mm yang bisa disetel kompresi dan rebound-nya. Suspensi belakang mono shock dengan linkage juga buatan Kayaba dengan setelah preload dan rebound. Suspensi ini mirip dengan yang terpasang di EC, kalaupun ada itu terletak di panjang suspensi.

Untuk sistem pengereman, Gas Gas menggunakan cakram buatan NG sedangkan kaliper dan piston rem dikembangkan khusus oleh Braktec untuk ECRanger. Rantai menggunakan merek Regina, lalu rim disuplai oleh Excel yang dipadu oleh ban bermerek Vee Rubber 18-21 inch. Soal penampilan, ECRanger cukup identik dengan EC. Beda paling mencolok terletak di skema warna, di mana ECRanger dominan warna putih sedangkan EC dominan warna merah. Nah makin gak sabar kan buat ngerasain motor ini?

comments

`