caption trialgame

motor habis kehujanan, langsung cuci atau tunda dulu?

Wednesday, 26 October 2022

Rawat Kaki-Kaki Motor Trail Saat Musim Hujan


Hujan semakin sering turun di sebagian besar wilayah Indonesia. Jika musim hujan tiba, ini tandanya bahwa Anda sebagai pengguna motor trail, apalagi jika digunakan secara harian, harus memberikan perhatian ekstra pada tunggangan Anda. Maklum saja, air hujan atau genangan air akibat hujan, bisa membuat beberapa bagian motor trail Anda tidak berfungsi dengan baik. Nah salah satu yang harus mendapatkan perhatian lebih saat musim hujan tiba adalah bagian kaki-kaki dari motor trail Anda.

Ada beberapa komponen pada kaki-kaki motor trail Anda yang harus diperhatikan seperti bearing roda. Meskipun kecil dan tidak terlihat tapi part ini cukup rawan mengalami kerusakan saat musim hujan seperti sekarang. Sekedar informasi, bearing roda yang rusak atau oblak bisa bikin motor terasa tidak stabil. Kalau motor terasa goyang langsung cek bagian bearing dan ganti jika mengalami masalah.

Tidak hanya itu, air hujan juga bisa menimbulkan karat lebih cepat pada komponen di motor.Terutama di piringan cakram serta pelek motor jika pakai model jari-jari. Jika sering kena hujan dan kotor serta tidak cepat dibersihkan, akan cepat muncul karat.  Makanya sebisa mungkin selalu jaga kebersihan di musim hujan agar tidak menimbulkan karat. Minimal Anda harus siram dengan air bersih usai hujan-hujanan atau melibas genangan. Karena kalau dibiarkan bakal menimbulkan karat yang mengganggu.

Berikutnya, pada bagian sokbreker juga harus segera dibersihkan sehabis motor digunakan saat hujan. Hal ini karena kotoran yang dibiarkan menempel pada sokbreker bisa membuat sil sok rusak.Malah as sok baret bisa menyebabkan sokbreker bocor. Nah jadi beri perhatian ekstra ya pada bagian kaki-kaki motor trail Anda.

Oh iya tidak ada salahnya juga untuk melakukan pengecekan pada komponen pengeraman ya.  Sebenarnya, pemeriksaan komponen pengereman wajib dilakukan secara rutin tanpa harus menunggu datangnya musim hujan. Karena peranti ini adalah salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Bedanya, interval pemeriksaannya jadi lebih cepat untuk Untuk menjaga kinerja pengereman tetap optimal, kotoran yang menempel perlu dibersihkan. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem setelah berkendara di bawah hujan agar tak ada kotoran yang menempel di celah rem. Kotoran yang menempel di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem.  Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kanvas rem. Karena bahan kanvas rem yang terbuat dari asbes akan mudah mengembang saat basah dan mengeras saat kering.

comments

`