caption trialgame

Motor Jarang Dipakai, Sering-Sering Cek Oli!

Wednesday, 31 March 2021

Tetap Ganti Oli Walau Jarang Digunakan


Biasanya para pemilik motor trail hanya menggunakan motor trail mereka di akhir pekan atau waktu liburan. Memang ada juga yang menggunakan untuk kegiatan harian tapi persentasenya masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang menggunakan paruh waktu.

Maklum saja karena hampir sebagian besar motor trail yang beredar di Indonesia, tidak dalam kondisi street legal alias tidak memiliki surat-surat karena biasanya hanya digunakan untuk trabasan di medan offroad saja. Alhasil, kebanyakan waktu dari motor trail biasanya dihabiskan di garasi atau tempat penyimpanan lainnya.

Nah tidak sedikit juga pemilik motor trail yang beranggapan bahwa motor yang jarang dipakai itu tidak perlu ganti oli dan ternyata hal ini salah lho. Motor yang jarang digunakan sejatinya juga perlu dilakukan penggantian oli. Ini bertujuan agar mesin tidak menjadi rusak akibat oli yang kotor. Meski oli sudah tidak lama digunakan, tetap harus diganti karena di dalam mesin itu ada proses gesekan yang ditimbulkan oleh efek katalis. Jadi mesin akan kotor sehingga harus diganti ya.

Katalis sendiri adalah suatu zat yang dapat mempercepat terjadinya reaksi kimia tanpa dikonsumsi oleh reaksi tersebut. Saat oli jarang digunakan, oli ini akan beraksi saat bersentuhan dengan komponen mesin. Akibatnya oli akan mengalami oksidasi dan membuatnya menjadi kotor.  Di dalam mesin itu ada partikel-partikel mesin, nikel, tembaga, dan lainnya. Saat oli bereaksi dengan komponen itu, maka oli akan beroksidasi.

Kendati pada oli sintetik yang saat ini banyak beredar sudah mengandung zat aditif yang berfungsi mencegah terjadinya efek katalis dari partikel keausan mesih sehingga dapat mencegah akselerasi proses oksidasi pelumas, tapi bukan berarti mesin motor Anda aman dari efek katalis tadi ya. Intinya jika ingin motor trail Anda tetap dalam performa yang baik, kendat sering tidak digunakan, jangan melalaikan untuk mengganti oli ya. tetap lakukan penggantian oli secara rutin minimal dua bulan sekali ya.  

comments

`