Motor Trail 230cc Rilis Resmi di Indonesia
Event Pekan Raya Jakarta, yang digelar setiap tahunnya untuk memperingati ulang tahun kota Jakarta, sering menjadi ajang peluncuran produk terbaru para produsen otomotif di Indonesia. Nah salah satau yang baru meluncurkan produk terbaru mereka adalah Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang merilis motor trail KLX230 series terbaru. Tak hanya soal warna dan grafis, pihak pabrikan juga memberi penyegaran di sektor, performa, frame dan styling. Berkat update yang diterima, model anyar diklaim dapat memberikan performa mesin yang lebih baik dan kenyamanan dalam hal berkendara.
Perubahan yang diterima KLX230 series yang terdiri dari KLX230SE, KLX230SM, KLX230SM SE. Ketiga varian mendapat ubahan port intake. Model terbaru lebih sempit dan katup intake lebih kecil (dari ø37 mm ke ø33 mm). Keduanya berkontribusi pada peningkatan performa pada kisaran putaran rendah-menengah.
Box filter udara sekarang dibuat lebih kecil untuk mengakomodasi subframe belakang bagian bawah, namun tetap memastikan ruang yang cukup untuk asupan udara. Lalu pengaturan ECU yang telah diperbaharui agar sesuai dengan peningkatan low-mid range buat urusan torsi.
Subframe KLX230 SE didesain ulang. Berguna memberikan banyak keunggulan, seperti peningkatan pada travel wheel saat offroad dan jok lebih rendah. Kontur kursi model baru lebih tebal dan tinggi jok sekarang 875 mm dari sebelumnya 885 mm, sehingga meningkatkan handling dan kenyamanan pada saat berkendara.
Untuk KLX230SM dan KLX230SM SE juga mendapat ubahan di bagian subframe. Hasil dari revisi membuat travel di roda belakang menjadi lebih panjang dan pengaturan ulang suspensi menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Ketinggian jok juga sekarang lebih rendah yakni 840 mm.
Selain itu sudut putar dibuat lebih kecil, berkontribusi dalam hal handling. Lalu jarak sumbu roda lebih pendek (1.375 mm menjadi 1.365 mm), berkontribusi pada pengendalian motor yang mudah pada saat bermanuver.
Soal tampilan KLX230 Series, pabrikan memberi ubahan di bagian Front cowl depan. wujudnya mirip New KLX300 dengan desain tipis dan kental dengan aura motor enduro. Fuel tank, shroud dan cover samping KLX230 juga telah diperbarui. Desainnya mirip dengan KX450 dan KX250 terbaru, tampak lebih segar lincah dan agresif.
Semua varian punya jok dengan shape datar dan modelnya two-tone, menciptakan tampilan yang slim, clean, serta racing-look yang kuat. Revisi pada subframe membuat ketebalan jok pada KLX230SE bertambah (+6 mm) jika dibandingkan versi standar, namun seat height lebih rendah dibandingkan versi MY 2023.
Panel instrumen KLX230 series MY 2024 sudah dilengkapi dengan Bluetooth. Pengendara bisa mengkoneksikan smartphone ke motor lewat aplikasi RIDEOLOGY untuk menampilkan informasi Vehicle Info, Riding Log, Communication, Maintenance Log.
Lanjut tuas rem dan kopling yang hadir dengan desain baru. Kini ukurannya lebih pendek, untuk tampilan yang lebih modern. Lalu master rem belakang kini memiliki tabung reservoir terintegrasi yang mirip dengan KLX230R, sebuah perubahan yang menghemat sekitar 100 gram.
Suspensi belakang New Uni Trak dengan peningkatan wheel travel memungkinkan bagian belakang motor tenggelam lebih jauh saat pengendara duduk, sehingga sangat berkontribusi pada jangkauan ke tanah yang lebih baik.
Meski mendapat ubahan di port intake, filter udara dan revisi ECU, angka tenaga dan akselerasi masih sama. Strukturnya enjin tetap mengandalkan mesin injeksi satu silinder, 233 cc SOHC, 2-katup, berpendingin udara, dipadankan sistem transmisi 6-percepatan. Sekarang powernya diklaim mencapai 19 Hp pada 7.600 rpm dan torsi puncak 19,8 Nm pada 6.100 rpm. Nah gimana nih? Mantab mau ganti motor baru gak nih?