caption trialgame

Motor Trail Baru, Begini Cara Rawatnya!

Wednesday, 24 March 2021

Motor Trail Baru, Begini Cara Rawatnya!


Untuk Anda yang baru saja membeli motor trail baru, jangan terburu-buru mengajaknya trabasan atau bahkan mungkin langsung memodifikasinya. Apalagi jika Anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu lama sebagai tunggangan harian.  Ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan, agar motor trail baru Anda tetap terjaga performanya dan awet. Melalui artikel ini ada beberapa tips untuk merawat motor trail baru ya.

Yang pertama adalah memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Langkah ini memang dibutuhkan untuk mengoptimalkan mesin saat bekerja. Panaskan motor sebelum digunakan, biasanya dilakukan saat pagi hari setelah mesin motor mati semalaman. Panaskan motor tak perlu berlama-lama, karena hanya akan membuang bahan bakar Anda. 5 menit saja sudah cukup untuk membuat mesin hangat dan meningkat secara alami. Tak perlu juga memutar-mutar gas dengan maksud meningkatkan putaran mesin dan mempercepat proses. Ini hanya akan membuang bahan bakar dan membuat bising. Jangan lupa lakukan ini di ruang terbuka seperti garasi dan dengan kondisi standar tengah berdiri dan tentunya dalam pantauan ya. Lewat proses ini, oli juga akan mulai tersirkulasi ke seluruh komponen bergerak. Hal sederhana ini membantu motor Anda menjadi awet lebih lama.

Untuk motor trail terbaru biasanya sudah menggunakan teknologi sistem injeksi dan teknologi hemat bahan bakar. Untuk membuat sistem ini bekerja dengan baik, Anda perlu menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90. Bahan bakar beroktan tinggi menjadikan pembakaran dalam mesin berjalan sempurna dan tidak menyisakan kerak pada injector sehingga mesin jadi lebih awet.

Perlu Anda ketahui setiap motor mempunyai beban maksimal yang bisa diembannya. Ketahui berapa nominal terbanyak yang bisa diangkut motor dengan melihatnya di buku petunjuk. Beban yang berat dan berlebih membuat tekanan pada ban yang bertambah, kinerja mesin juga turut terkuras karena dipaksa menghasilkan tenaga di luar batas maksimalnya.

Melakukan servis rutin memang merepotkan. Namun servis rutin akan membuat motor trail Anda tetap terpantau kondisi mekanikalnya oleh para teknisi. Perawatan juga akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan motor atau permintaan Anda. Jangan malas melakukan hal ini demi menjaga performa motor Anda ya.

Yang terakhir adalah rajin membersihkan motor. Membersihan motor dapat dilakukan dengan cara mencuci ataupun sekadar mengelap. Pembersihan motor ini tidak hanya berguna menjaga tampilan motor agar enak dipandang saja, tetapi juga membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada mesin atau pada kanvas rem. Pembersihan juga memungkinkan Anda melihat jika ada anomali pada komponen motor.

Oh iya hindari paparan sinar matahari secara langsung jika dimungkinkan. Paparan sinar matahari secara langsung dan sering menyebabkan retakan pada kaca spedometer dan juga membuat warna body motor menjadi kusam dan memudar. Usahakan untuk mencari tempat yang teduh saat parkir atau gunakan mantel penutup agar motor terlindung dari paparan UV secara langsung.

 

comments

`