caption trialgame

Motor Trail Enduro Minus Kick Starter

Friday, 28 June 2019

Kick starter atau starter kaki, adalah salah satu komponen yang lazim dimiliki oleh sepeda motor, termasuk motor trail. Jenis motor trail terbaru biasanya memiliki dua pilihan untuk menyalakan mesinnya yaitu kick starter dan electric starter.

Tapi ternyata hal ini tidak berlaku bagi pabrik Husqvarna lho. Baru-baru ini Husqvarna Motorcycles merilis deretan motor enduro generasi terbaru model year 2020. Untuk mesin 2-tak ada TE 150i, TE 250i, dan TE 300i sedangkan mesin 4-tak terdiri dari FE 250, FE 350, FE 450, dan FE 501.

Suatu langkah yang cukup mengejutkan yaitu mereka Husky menghilangkan fitur kick starter pada seluruh varian motor enduro model year 2020, kecuali TE 125i. Hal ini tentu banyak mengundang pertanyaan, karena biasanya motor trail off road atau enduro banyak menganggap kick starter itu masih sangat penting.

Husqvarna memutuskan menghapus kick starter pada seluruh model motor enduro baik itu yang 2-tak maupun yang 4-tak karena merasa telah berpengalaman menggunakan electric starter selama lebih dari 10 tahun. Sistem ini terus mengalami perkembangan dengan sistem injeksi terbaru, sistem electric starter baru, dan baterai yang ringan tapi punya kapasitas besar. Hasilnya sekarang Husky memiliki sistem electric starter yang sangat reliable dan bisa diandalkan.

“Kami telah menjalankan electric starter selama lebih dari 10 tahun dan aku pikir kami telah mendapatkan posisi di mana sistem ini sangat reliable. Sehingga kami pikir tidak perlu memasang sistem ini di motor 4-tak. Di mesin 2-tak kami juga menghapus kick starter karena kami pikir bagi kebanyakan rider hobi mereka tidak memerlukannya karena sistemnya juga reliable. Kami tidak mengalami permasalahan apapun dengan electric starter. Bahkan kami tahu kebanyakan orang tidak pernah menggunakan kick starter di motor mereka meskipun memilikinya,” jelas Justin Maxwell, Head of Husqvarna Motorcycles Product Management.

Selain sistem electric starter yang sudah sangat reliable, pencopotan kick starter pada motor enduro generasi terbaru adalah untuk mengurangi bobot. Khusus mesin 250 dan 300 2-tak, Husqvarna masih memberikan peluang bagi konsumen untuk memasang kick starter. Namun konsumen mesti membelinya secara terpisah lantaran dalam paket penjualannya motor memang tidak dilengkapi kick starter.

comments

`