caption trialgame

Motor Trail Honda Bakal Gunakan Dua Busi

Tuesday, 20 August 2019

Inovasi di dunia otomotif memang selalu berkembang. Setiap pabrikan seolah berlomba untuk menelurkan konsep-konsep terbaru demi meningkatkan performa produk mereka. Tidak terkecuali juga dengan motor trail.

Nah salah satu produsen motor trail asal Jepang, Honda, baru-baru ini dikabarkan telah mendaftarkan patent desain mereka untuk motor trail CRF250L. Nah melalui pendaftaran patent ini terkuak bahwa mesin 249 cc milik Honda CRF250L akan mendapatkan slot tambahan untuk satu buah busi. Jadi generasi motor trail terbaru Honda di kelas 250cc akan menggunakan dua busi.

Lantas apa sih latar belakang Honda menggunakan teknologi yang biasa disebut dengan twin spark ini pada motor trail mereka? Ternyata regulasi emisi yang semakin ketat di tahun 2020 nanti menjadi salah satu pemicunya. Seperti diketahui, sebagian besar negara maju akan menetapkan regulasi emisi Euro 5 pada 2020 mendatang, maka tak heran jika kemudian sejumlah pabrikan motor berlomba-lomba melakukan inovasi agar motor-motor andalannya tetap bisa diproduksi.

Konsep twin spark pada mesin satu silinder juga bukan merupakan hal baru. Pabrikan motor asal India, Bajaj misalnya, cukup rutin memberikan dua buah busi pada motor-motor satu silinder berkapasitas kecil. Nah, tujuan penggunaan dua buah busi itu keunggulannya selain bisa meningkatkan power juga bisa meningkatkan efisiensi mesin dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah. Prosesnya cukup sederhana. Duah buah busi akan menghasilkan dua buah ledakan yang tentunya bisa membakar bensin lebih sempurna di dalam silinder.

Dengan menggunakan dua buah busi, maka secara otomatis head mesin CRF250L generasi terbaru nanti berbeda dibandingkan dengan generasi sekarang. Kemudian Honda juga memasang sistem pengapian baru, fuel pump baru, dan tentunya sistem injeksi yang baru. Komponen-komponen baru ini diberikan agar semua sistem bisa berjalan sempurna mengimbangi teknologi twin spark. Rencananya selain pada CRF250L, teknologi twin spark bakal terpasang di CRF250L Rally.

Menggunakan dua busi merupakan salah satu cara untuk lolos regulasi emisi Euro 5, namun masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti pemasangan catalytic converter yang lebih besar, menggunakan sistem variable valve timing (VVT), dan lain-lain. Semua ada keunggulan dan kelemahannya. Nah Honda sudah memilih menggunakan teknologi twin spark, menarik untuk ditunggu langkah dari para pesaingnya.

comments

`