caption trialgame

Motor Trail Listrik Makin Populer

Tuesday, 17 December 2019

Para produsen otomotif seolah tidak pernah berhenti berinovasi. Beragam terobosan dilakukan agar produk yang mereka hasilkan berbeda dan memiliki nilai jual lebih dibandingkan dengan produk dari kompetitor.

Nah salah satu terobosan yang saat ini sering dilakukan adalah memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan dalam hal ini yang tidak menggunakan bahan bakar fosil. Motor listrik dalam kurun waktu 5 tahun terakhir mulai mencuri perhatian, kendati belum bisa memberikan dampak signifikan pada industri otomotif namun kehadirannya sedikit banyak mempengaruhi peta persaingan otomotif.

Salah satu perusahaan yang belum lama ini memperkenalkan motor listrik mereka adalah Otto Bike, dan lebih kerennya motor listrik yang mereka produksi adalah jenis motor trail. Dalam dua pameran kelas dunia yang belum lama ini digelar yaitu, Tokyo Motor Show 2019 dan EICMA 2019 di Milan, Otto Bike memperkenalkan produksi terbaru mereka yang bernama Maxi Extreme Rider atau yang disingkat dengan nama MXR.

Berbeda dengan motor listrik lainnya, pabrikan asal Taiwan ini memilih jalan yang berbeda dari konsep motor listrik perusahaan lainnya, karena Otto Bike memanfaatkan sistem pendingin cairan untuk mendinginkan mesin bertenaga 15 dk ini. Dengan mesin yang menghasilkan 15 dk, MXR diklaim mampu menghasilkan torsi 44,7 Nm. Oh iya motor trail ilistrik ini diklaim mampu menempuh kecepatan hingga 120 kilometer perjam. Lumayan kencang juga ya .

MXR memanfaatkan rantai sebagai penghantar tenaga yang dihasilkannya. Dan bobot dari motor trail ini terhitung ringan, tidak mencapai 100 kg. Bandingkan dengan motor trail konvensional yang biasanya menembus berat 120 kilogram.

Nah bagaimana dengan komponen baterai yang digunakan? Baterai merupakan komponen krusial bagi motor listrik. MXR menggunakan baterai 69.9 Ah yang bisa bertahan sejauh 150 kilometer jika Anda memacu motor ini dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Cukup lumayan namun kami sarankan untuk tidak menggunakan motor ini untuk touring jarak jauh ya. Oh iya motor ini juga memiliki fitur on board charger yang bisa digunakan untuk mengisi baterai motor trail hingga 80% dari kapasitas fullnya. Namun Anda perlu menunggu 150 menit untuk mengisi ulang baterei tersebut.

MXR dilengkapi dengan ban pacul merek Maxxis Maxxcross, dan memiliki suspesi 37mm inverted fork pada bagian depan, serta suspsin monoshock piggyback pada bagaian belakang. Motor trail ini juga dilengkapi dengan sistem penerangan led yang cukup memadai untuk berkendara di malam hari.

 

Image credit : evenerds.com

comments

`