caption trialgame

Motor Trail Touring Ini Bikin Ngiler

Monday, 30 September 2019

Untuk Anda yang gemar touring melibas lintasan offroad ada kabar baik nih. Belum lama ini Honda meluncurkan model terbaru motor trail touring mereka yaitu Honda Africa Twin. Sejak diluncurkannya kembali pada tahun 2016 lalu, motor yang sejatinya bernama Honda CRF1000L ini langsung menarik perhatian dari para penggila motor trail touring.

Nah agar mampu bersaing dengan motor trail touring sejenis seperti BMW R1250GS sampai KTM 1290 Super Adventure, Honda menghadirkan motor dengan tenaga lebih besar, fitur lebih lengkap dan bobot lebih ringan.

Peningkatan bisa dilihat dari mesin 2 silinder segaris yang kapasitasnya naik 86 cc menjadi 1048 cc, berkat stroke dipanjangkan sekitar 5 mm. Silinder juga dirombak, beserta throttle body dan injektor yang diperbesar agar semprotan bensin lebih besar.

Tenaganya sekarang meningkat menjadi 100,5 dk di 7.500 rpm, dengan torsi naik 6 persen menjadi 105Nm di 6.250 rpm. Transmisi 6 percepatan lebih ringan berkat kopling lebih kecil dan enteng, transmisi semi automatik Dual Clutch Transmision (DCT) tetap tersedia.

Rangkanya juga dirombak ulang, dengan pengurangan di beberapa sektor untuk mengurangi bobot sekitar 1,8 kg. Subframe sekarang modelnya bolt-on dengan material aluminium, yang lebih kecil dan mengurangi bobot 0,5 kg.

Motor trail ini dilengkapi dengan beragam perangkat elektronik milik IMU Bosch 6-axis. Tidak heran jika kemudian mempunyai fitur cornering ABS, wheelie control, sampai rear wheel torque control. Honda Twin Africa 2020, memiliki empat buah pilihan Riding Mode yaitu Tour, Urban, Gravel dan Off-Road.

Spesial buat Africa Twin Adventure Sports, fitur suspensinya lebih canggih berkat suspensi Showa EERA. Suspensi semi aktif ini, bisa disetel dengan 4 mode yaitu Soft, Mid, Hard dan Off-Road. Tidak hanya merubah settingan suspensi, tenaga mesin juga berubah menyesuaikan keinginan rider dan kebutuhan di jalan.

Honda Africa Twin Adventure Sports sendiri punya tangki lebih besar (24,8 liter), visor adjustable lebih tinggi dan fairing lebih besar. Joknya sendiri sekarang lebih pendek, dan ada fitur penghangat grip dan power socket 12 volt. Kaki-kaki tetap pelek jari-jari 21-18, dengan ban Metzeler Karoo Street tubeless.

Panel instrumen sekarang full digital TFT 6,5 inci, dengan model MID mirip Honda Gold Wing karena sudah full colour. Fiturnya juga serupa seperti Apple CarPlay, lalu ada informasi navigasi sampai musik yang dapat terhubung dengan smartphone.

Nah melihat spesifikasi di atas yang ngeri banget tentu saja harga jualnya gak murah juga. Motor ini dibandrol dengan harga jual, yang dijika dikonversi ke rupiah menyentuh lebih dari 200 juta. Lumayan bikin kantong bolong pastinya ya.

Image Credit : Hondamotor.com

comments

`