caption trialgame

Motor Wajib Dimanjakan Pasca Liburan!

Tuesday, 10 January 2023

Manjakan Motor Trail Anda Pasca Liburan


Liburan natal dan tahun baru resmi selesai minggu ini, seiring dengan kembali masuknya anak-anak ke sekolah masing-masing.  Nah bagi Anda yang selama liburan kemarin menggunakan motor trail Anda, baik itu untuk trabasan, touring atau sekedara pulang kampung, kini saatnya untuk membalas jasa mereka. Maklum saja, biasanya tidak jarang kinerja motor sedikit diperas jika digunakan dalam kegiatan liburan, mulai dari jarak tempuh maupun beban bawaan.

Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengecekan serta penggantian beragam cairan pada motor Anda. Mulai dari oli mesin, cairan coolant, minyak rem dan lainnya.  Seperti diketahui kondisi normal pemakaian oli rata-rata 2.500 KM untuk sekali penggantian, meski banyak oli yang mengklaim dapat bertahan lebih dari jarak tersebut, kondisi pemakaian dan kondisi mesin mewajibkan unsur ini lebih sering dikontrol.

Anda juga harus melakukan beragam pengecekan pada bagian kaki-kaki motor trail Anda. Lakukan  pelumasan dan pengecekan tingkatan ketegangan pada rantai motor trail Anda. Kemudian lakukan pengecekan pada bagian shock absorber untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak. Jangan lampu juga untuk memeriksa tekanan angin pada ban, serta cek apakah alur kembangannya masih layak digunakan atau tidak. Jangan sampai ban motor Anda gundul ya, bisa berbahaya jika menggunakan ban yang gundul.

Berlanjut ke bagian beragam macam kampas. Mulai dari kampas rem hingga kampas kopling harus Anda cek dengan seksama. Kampas rem yang aus akan membuat pengereman menjadi tidak optimal, hal ini amat berbahaya karena rem memiliki fungsi vital dalam berkendara. Sementara itu, kampas kopling yang sudah mulai aus, akan menyulitkan Anda saat akan melakukan pengoperan gigi, jika dibiarkan sudah pasti dampaknya akan merusak mesin lho.

Bagi Anda yang habis melakukan trabasan jangan lupa untuk memeriksa bagian komstir. Maklum saja, medan offroad biasanya akan membuat kinerja komstir menjadi lebih berat, Anda perlu memeriksa apakah kondisi komstir serta handlebar masih dalam kondisi stabil.

Nah yang terakhir adalah memeriksa kelistrikan serta lampu dan body motor secara keseluruhan. Pastikan kondisi sekring serta kelistrikan motor Anda masih layak, salah-salah bisa jadi beragam macam lampu pada motor Anda tidak menyala. Dan lakukan pengecekan body secara menyeluruh ya, untuk melihat apakah ada lecet-lecet yang terjadi saat Anda melakukan perjalanan liburan tadi.

Jika Anda merasa yakin, Anda bisa melakukan hal-hal di atas secara mandiri. Namun jika rasanya Anda tidak memiliki waktu dan skil, lebih baik bawa tunggangan Anda ke bengkel kepercayan Anda ya.

comments

`