caption trialgame

Mudah Bersihkan Rem Cakram Motor Trail!

Wednesday, 28 July 2021

Mudah Bersihkan Rem Cakram Motor Trail!


Kendati sebagian besar pemilik motor trail masih lebih memilih menggunakan rem tromol, namun untuk motor trail keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan kepingan cakram untuk sistem pengeremannya. Kadang ada yang menggunakan di bagian depan dan belakang, namun lebih banyak yang hanya menggunakan di bagian depan saja.

Selain memiliki tampilan yang lebih menarik rem cakram juga dianggap lebih pakem dibandingkan dengan rem tromol. Namun seiring berjalannya waktu cakram juga bisa saja mengalami kerusakan atau macet akibat beberapa hal. Salah satu penyebab rem cakram pada sepeda motor mengalami macet yaitu karena ada debu atau kotoran di bagian master rem tersebut dan jika tidak segera dibersihkan maka bisa merusak piringan itu sendiri. Untuk itulah pada bagian tersebut harus sering dilakukan perawatan dan dibersihkan secara berkala agar tetap tampil prima dan menjaga keselamatan berkendara.

Jika pada bagian master rem motor jarang dilakukan perawatan akibatnya bisa cepat berkarat dan bahkan kotoran yang terdapat didalamnya menjadi semakin sulit untuk dihilangkan. Sebenarnya cara membersihkan bagian tersebut tidaklah sulit dan anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawa ke bengkel cukup dengan peralatan sederhana seperti kunci L, semprotan dan kain bersih saja.

Langkah pertama buka kaliper pada piringan cakram tersebut menggunakan kunci L lalu setelah terlepas semprot antara celah piston kecil dan karet master rem sampai benar-benar bersih. Apabila mengalami kesulitan saat membuka karena tidak memiliki kunci L maka bisa juga memanfaatkan obeng min untuk mencongkel bagian karet master rem.

Jika sudah semprot hiingga bersih, lap menggunakan kain pada bagian cakram untuk menyingkirkan kotoran, lakukan cara tersebut setidaknya setiap satu minggu sekali untuk mendapat hasil yang maksimal.

Namun jika macet pada rem cakram sepeda motor bukan disebabkan oleh kotoran akan tetap karena sudah aus maka sebaiknya ganti kampas rem dengan yang baru, biasanya kampas rem yang telah habis akan menimbulkan gesekan dengan cakram sehingga menghasilkan gesekan suara yang cukup mengganggu telinga.

comments

`