caption trialgame

Mudah Kuasai Motor Trail Lewati Tanjakan!

Friday, 27 August 2021

Mudah Kuasai Motor Trail Lewati Tanjakan!


Cara mengendarai motor trail saat melibas  tanjakan penting diketahui para pemula. Motor trail biasanya menggunakan kopling jadi cara mengendarainya tentu berbeda dengan motor skutik atau bebek.  Pengendara motor kopling harus mampu menyesuaikan tuas kopling dan gas. Ini membuat cara mengendarai motor kopling terasa gampang-gampang susah.

Nah biasanya, tanjakan menjadi salah satu momok bagi para pengendara motor trail yang baru. Apalagi jika tanjakan tersebut berada di lintasan trabasan. Belum apa-apa sudah grogi duluan. Tapi untuk kali ni kami bahas menganai tanjakan yang tidak berada di lintasan offroad ya. jadi simak ulasannya.

Cara mengendarai motor trali  di tanjakan yang paling utama adalah kestabilan laju motor. Biasakan memakai kopling atau menarik tuas kopling ketika hendak berhenti atau saat kecepatan rendah. Cara mengendarai motor trail di tanjakan yang cukup penting adalah memindahkan gigi transmisi yang tepat. Saat melewati tanjakan pastikan tidak menggunakan gigi persneling lebih dari gigi 3. Gigi yang tinggi akan menyulitkan motor untuk menanjak.

Jangan menaikan atau menurunkan gigi transmisi tanpa menarik tuas kopling. Saat hendak melalui tanjakan, turunkan gigi persneling pada gigi 3. Ketika mulai masuk tanjakan, turunkan ke gigi 2. Jika masih terasa berat, Anda bisa menurukannya lagi ke gigi 1.  Saat menanjak, pastikan untuk tidak menaikkan gigi persneling. Ini bisa membuat motor kehilangan daya dorongnya dan membuat motor mati di tengah tanjakan.

Fungsi rem pun vital saat Anda akan melibas tanjakan. Saat menanjak, hindari mengerem dengan menggunakan rem tangan. Selalu gunakan rem belakang saat ingin berhenti di tanjakan. Rem belakang berfungsi untuk menahan motor dari belakang agar tidak bergerak mundur.

Ketika berhasil melewati tanjakan, tantangan selanjutnya adalah melewati turunan. Pada turunan, Anda bisa menggunakan gigi 3.  Oh iya, Anda isa memanfaatkan fitur Engine Brake saat melalui turunan. Engine brake adalah teknik penegreman yang terjadi karena mesin, transmisi yang bekerja di dalam mesin sepeda motor saat tuas gas dilepas. Saat kecepatan tinggi, engine brake sangat membantu pengereman. Nah gimana? Tidak sulit bukan? untuk tips melahap tanjakan pada medan offroad akan kami bahas pada artikel lainnya ya.

 

comments

`