caption trialgame

Mudah Rawat Motor Trail 2-tak!

Tuesday, 20 July 2021

Mudah Rawat Motor Trail 2-tak!

 
Hingga saat ini motor trail 2-tak masih memiliki penggemar setia. Motor ini dianggap memiliki daya tarik yang khas, serta performa yan lebih galak dibandingkan motor trail 4-tak. Perlu untuk diketahui juga bahwa motor trail 2- tak  lebih mudah dalam soal perawatannya dibandingkan motor trail 4- tak. Meski demikian adanya, tetap saja diperlukan langkah yang tepat dalam merawat motor trail 2-tak sebagai salah satu upaya dalam menjaganya supaya awet dan tetap kencang.

 Apalagi jika motor trail Anda sudah berusaia lebih dari 10 tahun, sudah pasti akan berpotensi mengalami masalah jika tidak dirawat sebagaimana mestinya. Kami coba merangkum beragam tips perawatan agar motor trail 2-tak Anda tetap dalam performa terbaikya. Simak baik-baik ya.

Sebagaimana kita tahu bahwa knalpot pada motor trail 2-tak tentu saja memiliki asap hitam yang sangat pekat. Tentu saja, kondisi seperti ini akan berdampak pada bagian knalpot sebagai media lewatnya asap motor trail 2-tak.  Untuk itu, Anda harus rutin mengecek dan membersihkan bagian knalpot tersebut agar nantinya knalpot bersih dari sisa kerak oli yang turun hingga bagian knalpot. Jangan lupa juga untuk mengecek saringannya. Bersihkan bagian saringannya, paling tidak sebulan sekali untuk menjaga supaya kondisi pembakaran dalam keadaan prima.

Bukan hanya di motor trail modern saja, namun pada motor trail 2-tak pun, agaknya busi menjadi salah satu komponen penting yang rentan terhadap berbagai permasalahan. Apalagi, pada motor trail 2-tak ini, dengan sistem yang berbeda pada motor trail 4-tak, tentu akan lebih mudah membuat busi cepat mengerak dan kotor.Maka dari itu, hendaknya Anda untuk selalu sedia amplas setiap saat. Karena, kondisi motor trail 2-tak yang sudah dimakan usia, umumnya lebih rentan mengalami masalah pada bagian busi.

Di sisi lain, dalam merawat motor trail 2-tak, Anda juga tak bisa melepaskannya dari komponen yang bernama karburator. Dalam hal ini, untuk menjaga agar motor trail 2-tak memiliki performa yang kencang maka Anda pun harus pastikan seluruh part karburator bersih dari endapan kotoran yang ada di dalamnya. Secara teknis, dalam proses pembersihan karburator pada motor trail 2-tak memang berbeda dengan motor trail injeksi keluaran terbaru. Pada motor injeksi, bisa dipastikan injektor bakal selalu bersih selama bensin tidak pernah kosong. Hanya saja, untuk karburator motor trail 2-tak, kondisinya pasti memiliki perbedaan. Dimana, dalam hal ini endapan kotoran yang ada di dalamnya bisa mengganggu performa mesin jika dibiarkan. Jadi dalam aspek perawatan motor trail 2-tak, pembersihan rutin bagian atau komponen karburator menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena, jika karbu kotor maka performa motor pun akan terasa menurun secara drastis. Sehingga, bakal memicu masalah lain.

Kemudian dalam hal lain, dalam merawat motor trail 2-tak pun Anda juga harus turut memperhatikan kondisi oli samping. Motor trail 2-tak memang sedikit lebih boros bahan bakar. Selain bahan bakar, motornya sendiri juga boros akan oli samping.Maka oleh sebab alasan tersebut, Anda pun dalam hal ini memang benar harus memastikan punya persediaan oli samping yang bersih dan berkualitas Paling tidak, sebagai jaga-jaga jikalau sewaktu-waktu volume oli samping mengalami penurunan dikarenakan faktor pemakaian.

 

Oh iya Anda jugaharus memastikan bahwa motor trail 2-tak tidak sampai kehabisan bensin/bahan bakar.  Atau, dengan kata lain bahwa Anda harus tetap menjaga kapasitas bensin atau ketersediaan bahan bakar pada motor Anda. Sebab, jika pengisian bahan bakar sampai telat maka akan membuat motor trail 2-tak nantinya sulit untuk dhidupkan. Apalagi, jika kondisi busi maupun bagian permesinannya sudah terindikasi melemah akibat dari faktor usia pemakaian.

Walaupun terkesan simpel namun jika tidak dilakukan tentu semua akan menjadi percuma. Jadi yuk jangan malas merawat motor trail Anda ya

comments

`