caption trialgame

Mudahnya Cegah Mesin Motor Trail Overheat

Wednesday, 10 June 2020

Mudahnya Cegah Mesin Motor Trail Overheat


Mesin motor overheat bisa terjadi pada siapa siapa. Kondisi dimana mesin mengalami panas berlebih biasanya ditandai dengan berkurangnya tenaga tarikan motor, sehingga daya dorongnya menjadi lemah. Overheat bisa terjadi pada motor trail yang memiliki teknologi liquid cool maupun air cooled.

Tanda-tanda mesin overheat lebih gampang dikenali di motor trail keluaran tahun terbaru. Pasalnya, di cluster panel biasanya telah dilengkapi indikator kondisi mesin seperti halnya indikator posisi gigi persneling. Sehingga, bila mesin terlalu panas maka lampu indikator akan menyala. Sementara itu pada motor trail angkatan lawas bisa dikenali dengan timbulnya bau gosong atau seperti sudah disebutkan di atas, motor akan kehilangan daya tenaga.

Ada dua faktor utama yang menyebabkan mesin mengalami panas yang berlebih. Pertama adalah, oli yang tidak terdistribusi atau mengalir dengan baik. Kedua, seher atau piston yang berada di liner silinder terlalu rapat sehingga seher dan piston tidak bisa begerak leluasa alias macet.Bila motor dipaksa terus berjalan, maka piston akan patah atau blok mesin terluka atau bahkan jebol. Biasanya itu terjadi setelah nesin di-bore up dan ukuran diameter blok dan besaran piston tidak pas. Terlebih, pada saat mesin overheat piston juga memuai, sehingga gerakkan piston makin macet.

Sementara, bila penyebabnya oli yang tidak terdisitribusi atau tidakmengalir dengan baik maka akan menimbulkan kerusakkan pada noken as. Selain itu, piston, laher kruk as dan giboks juga akan rusak. Sebab, komponen itu tetap bekerja dalam kondisi panas dan tanpa pelumasan oli. Dam jika hal itu terjadi, maka bersiaplah mengeluarkan dana yang cukup besar.

Cara untuk mencegah mesin overheat sejatinya cukup mudah. Kuncinya hanya kemauan dan ketelanan Anda saja. Bila motor trail menggunakan sistem pendinginan dengan cairan, maka gantilah cairan coolant secara teratur. Minimal satu tahun sekali.

Sementara, bila motor trail Anda merupakan motor yang menggunakan sistem pendinginan udara, maka rajin-rajinlah membersihkan radiator. Bila usia motor trail telah mencapai lima tahun lebih, maka ada baiknya menambahi radiator dengan kipas, yang penempatannya bisa di depan atau di belakang radiator.

Namun, satu hal yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan adalah rajin dan disiplin mengganti oli mesin. Pasalnya, oli selain berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin juga mendinginkan komponen tersebut saat mereka bergesekan satu dengan yang lain.

Bahkan oli juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran atau kerak hasil sisa pembakaran, oksidasi di dalam mesin, maupun debu di dalam mesin. Semua partikel tersebut bila tidak dibersihkan akan menjadi piston dan seher tersumbat, akibatnya mesin menjadi panas berlebih.Begitu pula bila komponen yang panas karena saling bergesekan tidak segera didinginkan, akan memuai. Bila hal itu terjadi, maka tidak bisa berjalan sempurna dan suhu mesin panas berlebihan.

comments

`