caption trialgame

Mudahnya Mengganti Minyak Rem Motor Trail

Friday, 10 April 2020

 

Kualitas rem, seiring dengan berjalannya waktu, akan mengalami perubahan karena faktor kelembaban dan udara. Tentu saja hal ini mempengaruhi kemampuan berhenti motor trail Anda. Anda mulai menyadari bahwa minyak rem tunggangan anda perlu diganti saat motor tersebut tidak langsung berhenti saat anda menginjak pedal rem.

 

Mengganti minyak rem adalah bagian rutin dari perawatan motor trail kesayangan Anda. Mengganti minyak rem sebenarnya adalah proses yang mudah dan harus dilakukan secara teratur. Bukan hanya untuk keselamatan semata namun untuk menjaga bagian penting dari motor trail Anda. Nah mumpung masih banyak waktu di rumah kita bahas yuk cara mengganti minyak rem dengan tepat.

 

Sebelum mengganti minyak rem, pastikan Anda sudah memiliki beragam peralatan pendukung yaitu minyak rem baru, kunci inggris, tempat penampung, dan obeng. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tempat minyak rem. Tempat ini biasanya berada di sebelah kanan stang motor Anda. Buka tutup tempat tersebut, dan bersihkan terlebih dahulu dari debu atau kotoran. Anda tentu tidak ingin ada kotoran atau debu masuk didalam sistem pengereman motor Anda bukan?

 

Setelah itu temukan pentil pembuangan yang terletak di ujung kabel rem yang berada di dekat roda. Buka penutup pentil itu dan tempatkan penampung dibawahnya untuk menampung minyak rem lama Anda. Tarik tuas rem secara perlahan sebanyak dua atau tiga kali sambil melonggarkan pentil pembuangan dengan kunci Inggris.

 

Minyak rem yang lama akan keluar secara perlahan dan Anda akan merasakan bahwa pegangan atau pijakan rem akan mengendur. Kencangkan kembali pentil pembuangan. Ingat jangan lepaskan pegangan atau pijakan rem sebelum anda mengencangkan pentil pembuangan. Tambahkan minyak rem baru, dan ulang semua proses diatas sampai seluruh minyak rem lama keluar dari sistem rem motor Anda.

 

Jangan lupa untuk terus menambah minyak rem baru selama proses pengurasan rem lama. Jangan sampai terputus. Karena anda tidak ingin ada udara masuk ke dalam sistem pengereman motor Anda. Jika ada udara masuk, maka ada prosesnya lainnya yang akan kita bahas pada artikel berikutnya.

 

Jika semuanya berjalan lancar, Anda akan melihat minyak rem baru yang menetes di tempat penampungan Anda. Segera kencangkan pentil pembuangan, isi tempat minyak rem sampai memenuhi tiga perempat ruang. Anda bisa melihatnya dari jendela kecil yang ada disamping tempat minyak rem. Jangan lupa untuk kembali mengencangkan tempat minya remnya ya. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencoba apakah rem tersebut sudah berfungsi sesuai dengan keinginan Anda.

 

 

 

comments

`