caption trialgame

Mumpung di Rumah, Yuk Rawat Busi Sendiri

Thursday, 2 April 2020

 

Sistem pengapian motor trail amat bergantung pada alat yang bernama busi. Busi berfungsi sebagai alat untuk memercikan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang bakar. Percikan api listrik ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil. Tanpa percikan bunga api yang dihasilkannya, mesin tak akan bekerja

Nah dalam situasi dimana orang dianjurkan untuk tinggal di rumah saja, banyak yang merasa memiliki waktu luang. Anda bisa mengisi waktu luang dengan merawat motor trail dan kali ini kami akan memberikan step by step langkah membersihkan busi dengan seksama. Maklum saja busi yang kotor akan membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal.

Periksalah kondisi busi, jika kering dan berkerak abu-abu menandakan kondisi pembakaran motor Anda baik. Bila basah serta kerak berwarna hitam, menggambarkan pembakaran mesin kurang sempurna. Periksa kondisi sekitar lubang tempat busi, jika terdapatkan kotoran segera bersihkan Gunakan kain bersih untuk menyapu segala kotoran yang terdapat di sekitar permukaan lubang. Oh iya saat melepaskan busi selalu gunakan kunci busi ya dan jangan menggunakan memakai kunci pas karena akan merusak dudukan busi.

Cek kondisi penutup busi apakah masih dalam kondisi baik. Bersihkan mulut busi bagian luar dengan menggunakan sikat kawat. Untuk memudahkan pembersihan, busi direndam dengan bensin atau minyak tanah sebelum dibersihkan. Setelah itu jangan lupa keringkan ya. Untuk membersihkan bagian elektrode masa pada busi, gunakan kikir plat tipis setelah ituukur celah busi untuk mengoptimalkan kinerja busi.

Periksa kembali celah antara elektroda positif (bagian membulat) dan elektroda negatif (bagian melengkung yang nampak keluar dari busi). Kembalikan pada posisi normal sesuai buku petunjuk. Pada umumnya celah busi berjarak 0,8 mm-1,2mm.Setelah itu masukkan kembali busi pada tempatnya. Harap diingat, jangan mengencangkan busi hingga terlalu keras, karena akan membuat busi susah dilepas dan bisa menyebabkan rusaknya arus ulir pada lubang mesin. Jadi tunggu apalagi, ayo rawat motor trail ya.

 

comments

`